dr Arief Wijaya Rosli, Sp.A (54), dokter di RSIA Kendangsari Surabaya.
Sumber :
  • tvOne - tim tvOne

Puncak Musim Hujan di Jawa Timur, Ini Penyakit yang Perlu Diwaspadai

Selasa, 28 Februari 2023 - 18:44 WIB

Surabaya, tvOnenews.com – Wilayah Jawa Timur saat ini masih berada pada puncak musim hujan dan kondisi dinamika atmosfer di wilayah Jawa Timur masih signifikan terdapat potensi peningkatan cuaca ekstrem di beberapa wilayah pada pekan ini, Selasa (28/2).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Juanda mengeluarkan peringatan himbauan kewaspadaan akan adanya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan angin kencang di sertai petir untuk beberapa wilayah di Jatim.

“Peningkatan kewaspadaan ini dikeluarkan oleh BMKG Juanda tiga hari kedepan dari tanggal 28 Februari hingga 2 Maret 2023” ujar Taufik Hermawan, Kepala BMKG Juanda.

Masyarakat tentu harus mewaspadai, utamanya dalam hal kesehatan. Karena, kondisi cuaca yang tidak setabil ini dapat menyerangan sistem kekebalan tubuh, efeknya daya tahan tubuh cenderung turun. Tubuh dapat mudah terserang penyakit seperti demam, flu, hingga diare.  

dr Arief Wijaya Rosli, Sp.A (54), dokter di RSIA Kendangsari Surabaya menjelaskan beberapa penyakit yang dapat muncul akibat cuaca buruk yang terjadi, seperti pada musim penghujan sekarang ini.

“Di musim hujan seperti ini, kasus-kasus yang muncul adalah diare, demam berdarah, ispa. Kemudian, saat ini yang lagi banyak kasus yaitu campak, ada flu singapure juga,” ujar dr Arief.

Untuk menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit di musim penghujan, ada beberapa tips dari dr Arief Wijaya Rosli, Sp.A.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral