BMKG Jatim Berikan Peringatan Cuaca Ekstrim Masa Peralihan Pancaroba Sepekan ke Depan.
Sumber :
  • Tim tvOnenews/Khumadi

Warning BMKG Juanda soal Cuaca Ekstrim di Jawa Timur, Menyusul Masa Pancaroba Sepekan Kedepan

Senin, 3 April 2023 - 09:27 WIB

Sidoarjo, tvOnenews.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Juanda mengeluarkan warning himbauan kewaspadaan kepada masyarakat di Jawa Timur, soal potensi cuaca ekstrim. Hal ini disampaikan langsung oleh kepala BMKG Juanda Taufiq Hermawan, saat dihubungi tvOnenews.com.

Menurut Taufik berdasarkan analisis kondisi iklim, secara umum pada bulan April 2023 wilayah Jawa Timur masih berada pada masa peralihan (musim hujan ke musim kemarau) atau pancaroba, sehingga potensi cuaca ekstrim masih berpotensi terjadi di sebagian wilayah Jawa Timur.

Masih hangatnya suhu muka laut di sekitar wilayah perairan Jawa Timur, mengindikasikan suplai uap air masih cukup signifikan di wilayah Jawa Timur, serta masih terbentuknya daerah konvergensi atau pertemuan massa udara yang meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Jawa Timur. 

Selain itu adanya gelombang Atmosfer Rossby dan Kelvin di wilayah Jawa Timur yang diprakirakan akan berpengaruh pada kondisi cuaca dalam seminggu ke depan dan berkontribusi meningkatkan pertumbuhan awan Cumulonimbus yang dapat mengakibatkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat.

Taufiq menambahkan beberapa wilayah di Jawa Timur yang perlu diwaspadai memiliki potensi cuaca ekstrim yang dapat mengakibatkan terjadinya bencana hidrometeorologi (genangan air, puting beliung, maupun hujan es) pada periode 02 April – 08 April 2023.

Wilayah yang perlu diwaspadai Kota Batu, Kota Blitar, Kab. Bojonegoro, Kab. Jombang, Kota Kediri, Kab. Malang, Kab. Lumajang, Kab. Magetan, Kota Malang, Kota Mojokerto, Kab. Nganjuk, Kab. Ngawi, Kab. Pamekasan, Kab. Ponorogo, Kab. Sampang, Kab. Sidoarjo, Kab. Sumenep, Kota Surabaya, Kab. Trenggalek, Kab. Tulungagung, Kab. Kediri, Kab. Mojokerto, Kab. Blitar, Kab. Pasuruan, Kab. Bangkalan, Kab. Banyuwangi, Kab. Bondowoso, Kab. Gresik, Kab. Jember, Kab. Lamongan, Kab. Madiun, Kab. Probolinggo, Kab. Situbondo, Kab. Tuban, Kota Madiun, Kab. Pacitan, Kota Pasuruan.

"Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada terhadap dampak potensi bencana
hidrometeorologi pada masa peralihan, pancaroba dan selalu memantau informasi terkini 
berdasarkan citra radar cuaca WOFI melalui website (www.juanda.jatim.bmkg.go.id/radar), dan informasi peringatan dini 3 harian dan peringatan dini 2-3 jam ke depan yang selalu kami bagikan," pungkasnya. (khu/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
01:36
08:17
05:48
02:30
04:12
Viral