musim mudik, berkah pedagang buah di Pelabuhan Jangkar.
Sumber :
  • tim tvone - heri sampurno

Musim Mudik, Berkah Pedagang Buah di Pelabuhan Jangkar Situbondo, Omset Naik Berlipat Ganda

Jumat, 21 April 2023 - 13:44 WIB

Situbondo, tvOnenews.com - Memasuki musim mudik lebaran 2023, pemudik dari berbagai wilayah mulai memadati penyeberangan Pelabuhan Jangkar Situbondo. Kondisi ini pun berdampak pada peningkatan omset pedagang sekitar.

Maryam (47) pedagang buah di Pelabuhan Jangkar mengatakan, omset yang didapat berlipat berkat padatnya pemudik. Sehari laku bisa setengah kuintal buah. Memanfaatkan bak mobil pick up pribadinya, Maryam dan suami menjual berbagai macam buah segar sejak dua minggu yang lalu hingga H-1 lebaran hari ini.

"Pelabuhan Jangkar Situbondo ini selalu dimanfaatkan oleh pemudik. Apalagi kalau sedang ramai, banyak pemudik yang sampai menginap. Buah paling laris adalah salak pondo dan jeruk santang. Dua komoditas tersebut menjadi buah paling laris karena dijadikan sebagai camilan ketika menginap dan menunggu antrean loket kapal," tutupnya, Jumat (21/4).

Tri Wahyono, Koodinator Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelabuhan Pengumpan Regional (PPR) Wilayah Kerja (Wilker) Pelabuhan Jangkar menuturkan, arus mudik di tahun ini, naik dua kali lipat dari sebelumnya, di H-1 lebaran diperkirakan pihaknya telah menghantarkan kurang lebih 14 ribu warga Madura untuk berlebaran di kampung halaman masing-masing.

"Di H-1 hari ini, sudah tidak nampak satupun pemudik yang berada di Pelabuhan Jangkar. Selain dikerahkan kapal dan penambahan trip, seperti Kapal Motor Penumpang (KMP) Munggiyango Hulalo, Kapal Negara (KN) Masalembu, Kapal Motor Penumang (KMP) Dharma Kartika dan kapal mudik gratis dari Pemerintah Propinsi Jawa Timur, Kapal Motor Penumang (KMP)  Wichitra Dharma I, tadi malam kapal pamungkas diturunkan yaitu Kapal Sapu Jagat untuk mengangkut seluruh pemudik yang tersisa. Hal ini berbeda jauh dengan tahun-tahun sebelumnya yang di H-1 masih menumpuk ratusan pemudik di Pelabuhan Jangkar,'" tutup Tri (hso/hen).

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:27
02:30
05:51
03:16
03:36
00:44
Viral