Ratusan Perempuan Banyuwangi Ditantang Bisa Mengoperasikan Alat Berat.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

Ratusan Perempuan di Banyuwangi Ditantang bisa Mengoperasikan Alat Berat

Jumat, 16 Juni 2023 - 13:53 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Program on job training Female Green Operator angkatan kedua tahun ini kembali digelar di Banyuwangi. Female Green Operator merupakan program pelatihan mengoperasikan alat berat yang diadakan oleh PT Bumi Suksesindo (BSI).

Setelah lulus, peserta pelatihan akan menjadi karyawan tetap sebagai operator Articulated Dump Truck (ADT). Perusahaan mengkhususkan peserta berasal dari warga lingkar tambang atau Ring 1 Kecamatan Pesanggaran.

“Para peserta adalah perempuan-perempuan dari lingkar tambang yang akan kita latih mulai dari dasar sampai mampu mengoperasikan ADT,” ujar Mining Superintendent I Gde Widhi Arya Utama.

Ternyata, keraguan sempat muncul sebelum pendaftaran dibuka. Widhi ragu bisa menemukan perempuan-perempuan yang mau menjadi operator alat berat dan bekerja di lingkungan kerja yang mayoritas laki-laki. Ternyata, minat warga sangat tinggi. 600-an orang mendaftar untuk ikut seleksi.

“Setelah mengikuti seleksi, kami memilih sembilan perempuan untuk mengikuti program ini sampai selesai, kurang lebih enam bulan,” kata Widhi.

Ada sedikit perbedaan pada angkatan kedua ini. Sebelum mengikuti materi utama, para peserta diwajibkan untuk mengikuti pelatihan bina mental dan fisik (bintalsik) di Pusat Latihan Tempur Marinir (Puslatpurmar) 7 Lampon. Setelah bintalsik mereka baru bisa mengikuti materi pengenalan dan pengoperasian alat berat ADT dengan simulator. Setelah dinilai cukup mengenali alat, mereka akan mengoperasikan secara langsung ADT CAT 745, truk angkutan artikulasi berkapasitas 41 ton.

Dengan ukuran yang raksasa, truk itu cukup sulit dioperasikan. Meskipun demikian, PT BSI akhirnya berhasil melatih perempuan-perempuan lingkar tambang yang semula tidak memiliki pengalaman alat berat hingga menjadi operator.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
01:36
08:17
05:48
02:30
04:12
Viral