Calon jemaah haji asal Jombang.
Sumber :
  • umar sanusi

Sebanyak 684 CJH Jombang Masuk Kategori Risiko Tinggi, Didominasi Hipertensi dan Penuaan

Jumat, 16 Juni 2023 - 14:37 WIB

Jombang, tvOnenews.com - Jumlah calon jemaah haji (CJH) yang masuk kategori risiko tinggi (risti) di Jombang cukup tinggi. Dari hasil skrining yang dilakukan dinas kesehatan setempat, terdapat 684 orang masuk risti. Dari jumlah itu, paling banyak karena senilitas alias penuaan dan hipertensi.

Kepala Dinas Kesehatan drg Budi Nugroho mengatakan, dari jumlah 1.160 CJH Jombang tahun 2023 yang dilakukan pemeriksaan, sebanyak 684 jemaah yang dinyatakan masuk katagori risiko tinggi (risti).

“Hasil skrining kesehatan yang dilakukan jajaran dinas kesehatan terdata 684 CJH masuk risti,” ujar Budi dikonfirmasi melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Jombang Haryo Purwono, Jum'at (16/6).

Dijelaskan, berdasarkan pemeriksaan ada 10 kategori penyakit yang diderita CJH asal Jombang. Diantaranya senilitas atau penunaan, hipertensi, penyakit jantung, diabetes melitus, hiperlipidemia, hiperkolesterolemia, penyakit saluran nafas, obesitas, stroke dan lain-lain.

“Selain jumlah 684 itu, jemaah lainnya dinyatakan sehat,” tambahnya.

Haryo menambahkan, meskipun masuk kategori risti, ia menyebut para jemaah tetap bisa berangkat menunaikan haji.

“Asalkan dinyatakan istitha'ah bisa saja berangkat, meskipun usia 60 tahun lebih dan memiliki penyakit penyerta,” jelas dia.
 
Dinas Kesehatan Jombang mengimbau, bagi jemaah yang masuk kategori risti, agar selalu menjaga pola makan serta memimun obat sesuai anjuran dokter.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:56
02:26
00:41
01:23
00:56
01:52
Viral