Menkes Sebut Banyuwangi Layak jadi Destinasi Inovasi Layanan Kesehatan.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

Menkes Sebut Banyuwangi Layak Jadi Destinasi Inovasi Layanan Kesehatan

Minggu, 9 Juli 2023 - 22:38 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com - Program layanan kesehatan yang digeber Kabupaten Banyuwangi mendapatkan pujian. Kali ini dari Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. Pejabat ini memuji beragam inovasi layanan kesehatan di Bumi Blambangan, mulai dari posyandu hingga pelayanan Puskesmas.

Menurut Menkes, Banyuwangi layak dijadikan destinasi inovasi layanan kesehatan. Sebab, beragam inovasi diluncurkan untuk memberikan kemudahan warga mendapatkan fasilitas kesehatan. 

“Inovasi-inovasi layanan kesehatan yang dikembangkan Banyuwangi cukup bagus. Saya sudah mendengar cukup lama soal inovasi-inovasinya, dan saya kira pas Banyuwangi menjadi destinasi inovasi layanan kesehatan,” ujar Menkes disela kunjungan ke Banyuwangi, Sabtu (8/7).

Menkes mengapresiasi Mal Orang Sehat yang mampu mendorong orientasi pelayanan kesehatan ke arah promotif dan preventif. Sehingga, warga bisa menerapkan perilaku hidup sehat untuk menjaga kekuatan kesehatan tubuhnya.
 
“Mal Orang Sehat” adalah inovasi Banyuwangi dalam meningkatkan kesadaran menjaga hidup sehat warga. Di setiap Puskesmas, pelayanan konsultasi dibuat sama pentingnya dengan pelayanan pengobatan. Bahkan, ruang Mal Orang Sehat diletakkan di tempat strategis, kondisinya dibuat nyaman.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menegaskan saat ini penyebab kematian terbesar adalah penyakit tidak menular. Seperti darah tinggi, stroke dan jantung. Mayoritas justru berawal dari pola hidup tidak sehat.

“Selama ini kan pengelolaan kesehatan masih ‘paradigma sakit’. Akhirnya orang datang ke fasilitas layanan kesehatan hanya ketika sakit. Dampaknya, program dan anggaran banyak tertuju ke pengobatan, bukan pencegahan,” tegasnya.

Harapannya, dengan Mal Orang Sehat ini, masyarakat peduli dan rutin berkonsultasi kesehatan. Dampaknya, menekan prevalensi penyakit tidak menular yang dipicu gaya hidup tidak sehat. Selain inovasi Mal Orang Sehat, Menkes memuji inovasi pemburu ibu hamil dengan melibatkan pedagang sayur keliling. Mereka selama ini dilibatkan dalam program distribusi makanan bagi balita stunting dan ibu hamil berisiko tinggi. (hoa/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:27
01:11
11:12
01:42
08:26
02:22
Viral