warga bangun jembatan bambu darurat penghubung antar desa dan kecamatan di Lumajang.
Sumber :
  • tim tvone - wawan sugiarto

Pasca Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru, Warga Bangun Jembatan Bambu Darurat Swadaya, Penghubung Desa dan Kecamatan

Selasa, 11 Juli 2023 - 15:28 WIB

Lumajang, tvOnenews.com - Warga Desa Kloposawit Lumajang, membangun jembatan bambu darurat penghubung antar desa dan kecamatan secara mandiri dan swadaya, sebagai pengganti jembatan yang putus akibat diterjang banjir lahar dingin Gunung Semeru, Jumat (7/7) lalu. 

Jembatan bambu darurat ini dibangun warga di atas aliran Sungai Mujur yang kini mulai surut. Jembatan ini menghubungkan antara Desa Klopp, Kecamatan Candipuro, dengan beberpa desa dan kecamatan lainnya. 

Jembatan sepanjang 10 meter dan lebar 1,5 meter ini, hanya bisa dilalui pejalan kaki dan kendaraan roda dua saja. Bagi para pengguna jalan, keberadaan jembatan bambu darurat ini sangat membantu sekali. Sebab pasca putusnya jembatan lama, warga harus melalui jalur lain yang lebih jauh.

“Sangat membantu, kalau tidak ada jembatan ini memutar lebih jauh,” kata Samsul Zainul, salah seorang warga.

“Ini jembatan dibangun atas swadaya masyarakat sendiri, daripada memutar arah lebih jauh. Harapannya dibangun jembatan yang lebih kuat untuk perekonomian kita,” jelas M Imron, Kasi Pemerintahan Desa Kloposawit

Warga berharap pemerintah segera membangun kembali jembatan baru yang lebih kokoh dan kuat. Sebab, jembatan bambu darurat ini rawan hanyut jika terjadi banjir lahar dingin Semeru susulan, di samping agar bisa dilalui oleh semua jenis kendaraan, sehingga akses aktivitas dan perekonomian warga segera kembali normal. (wso/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:12
01:42
08:26
02:22
03:19
05:01
Viral