Uji coba kapal di Pelabuhan Masami.
Sumber :
  • happy oktavia

Sangsi dengan Cuaca Buruk, Warga Uji Coba Sendiri Pelabuhan Perikanan di Banyuwangi

Jumat, 25 Agustus 2023 - 11:31 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com - Kendala cuaca buruk yang didalihkan Syahbandar Pelabuhan Perikanan Masami Banyuwangi untuk bersandarnya kapal ikan mulai diragukan warga. Sangsi dengan kondisi cuaca, warga bersama pengelola pelabuhan swasta itu melakukan uji coba sandar kapal. Hasilnya, kapal berukuran kecil bisa sandar dengan mudah.

Dengan fakta ini, mereka berharap ada keterbukaan dari Syahbandar agar mengembalikan kapal ikan bersandar di Pelabuhan Masami. 

“Kita lihat cuaca memang berombak. Tapi, kapal kecil bisa sandar dengan mudah. Tak ada goncangan yang mengganggu,” kata Aminoto, pemilik Pelabuhan Perikanan Masami, Jumat (25/8).

Menurutnya, gelombang di perairan Selat Bali ini sudah terbiasa besar. Namun, kondisinya tidak ekstrim. Sehingga, bisa digunakan bersandar dengan mudah. Pihaknya berharap, Syahbandar melakukan uji coba kapal ikan bersandar di pelabuhan miliknya. Sehingga dipastikan kapal ikan bisa sandar atau tidak karena faktor cuaca. 

“Selama ini, yang didalihkan selalu cuaca buruk. Ini sudah berjalan empat bulan. Padahal, kondisi di lapangan cukup bersahabat,” keluhnya.

Sebelumnya, warga mendatangi Syahbandar Pelabuhan Perikanan Masami untuk memastikan penyebab sepinya pelabuhan milik swasta tersebut. Apalagi, pelabuhan ini baru beroperasi sekitar empat bulan. Warga khawatir jika pelabuhan terus ditinggalkan kapal akan berdampak pada ekonomi.

Syanbandar Pelabuhan Perikanan Masami dan Pelabuhan Muncar, Wahyu Feri Wibowo memastikan kapal ikan yang beralih dari Pelabuhan Masami ke Pelabuhan Tanjungwangi hanya berlaku sementara. Kondisi ini dipicu cuaca buruk. Sehingga, kapal ikan tidak bisa bersandar dengan aman di Pelabuhan Masami. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
01:36
08:17
05:48
02:30
04:12
Viral