KEK Gresik.
Sumber :
  • Antara

Geger Rempang Eco City, Ternyata Investasi Xinyi di Gresik Diduga Belum Terealisasi

Jumat, 22 September 2023 - 05:43 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Belakanganperhatian publik tertuju pada pulau Rempang Batam yang akan disulap menjadi Rempang Eco-City. Adapun salah satu pihak yang disebut akan menanamkan investasi jutaan dollar yakni Investor asal China, Xinyi Glass Holdings Ltd yang merupakan pabrik raksasa yang memproduksi kaca.

Ternyata sebelum melakukan investasi di pulau Rempang, Xinyi Glass Holdings telah terlebih dahulu melakukan perjanjian dengan PT Berkah Manyar Sejahtera yang merupakan perusahaan Joint Venture antara AKRA dengan Pelindo pada sejak Agustus tahun lalu. 

Dalam perjanjian itu, Xinyi Glass Holdings melalui anak usahanya PT Xinyi Glass Indonesia (XINYI) melakukan pembelian tanah untuk pabrik produksi kaca di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Java Integrated Industrial Port Estate (JIIPE) melalui investasi tahap pertama sebesar 700 juta dollar AS atau setara Rp10,5 triliun.

Direktur Utama Berkah Manyar Sejahtera (BMKS), Bambang Soetiono mengatakan, XINYI telah setuju membeli lahan yang luas dalam rangka pembangunan pabrik produksi kaca XINYI di Kawasan Ekonomi Khusus JIIPE. 

"Kami sangat senang dapat menandatangani Perjanjian Jual Beli Tanah dengan PT XINYI GLASS INDONESIA yang dibutuhkan untuk fasilitas produksi kaca di JIIPE. XINYI, merupakan investor asing ternama, yang akan membawa banyak manfaat, mendatangkan investasi asing yang sangat dibutuhkan dan juga produk berkelas dunia yang akan dibutuhkan oleh berbagai industri di Indonesia. Kawasan Ekonomi Khusus JIIPE akan menyediakan semua fasilitas dan bantuan yang diperlukan kepada XINYI untuk membangun dan menjalankan fasilitas produksi Kaca juga menyediakan utilitas dan fasilitas kelas dunia untuk kegiatan produksi XINYI di Kawasan Ekonomi Khusus JIIPE,” katanya.

Dalam perjanjian yang sama XINYI juga menandatangani perjanjian kerjasama dengan BMS untuk menyediakan berbagai utilitas termasuk listrik, air, gas alam, pengolahan limbah, fasilitas telekomunikasi dan internet serta infrastruktur dan fasilitas lainnya untuk mendukung pembangunan dan pengoperasian fasilitas produksi kaca XINYI di KEK JIIPE.

“Kami berterima kasih kepada pemegang saham PT AKR Corporindo Tbk dan Pelindo atas semua dukungan dan bimbingan yang diberikan kepada kami untuk mengembangkan KEK JIIPE dan memberikan fasilitas berkelas dunia kepada para pelanggan kami” tambah Bambang.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
01:36
08:17
05:48
02:30
04:12
Viral