tradisi toron di Suramadu.
Sumber :
  • tim tvone - zainal ashari

Warga Madura Sambut Pemudik di Suramadu, Aksi Simpatik Tradisi Toron

Senin, 8 April 2024 - 11:40 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Tradisi toron atau mudik di Pulau Madura adalah ajang silaturahmi antara perantau dan sanak keluarga di kampung halaman. Menyambut tradisi toron, ratusan  warga Madura yang tergabung dalam Aliansi Madura perantau mendirikan posko pelayanan di pintu masuk kaki jembatan Surabaya – Madura, Suramadu

Suasana haru dan bahagia terlihat dari para pemudik yang disambut bak pahlawan ini.

“Wah rasanya capek ini hilang setelah mengendara mobil lebih dari 12 jam dari Jakarta, saya disambut sama saudara-saudara sesama Madura di Suramadu,” ujar Abdur Rauf, perantau Toron dari Jakarta tujuan Sampang, Madura.

Warga Madura di Suramadu ini sengaja mendirikan  posko layanan terpadu dengan melakukan penyambutan, membagikan 1000 takjil gratis serta layanan pengobatan pijet capek bagi para pemudik yang sakit maupun kecapean.

Posko layanan terpadu didirikan tujuannya agar seluruh pemudik dari sejumlah daerah di indonesia , seperti  Jakarta  Bandung  Medan  hinga papua yang pulang kampung ke pulau Madura bisa merasa susana nyaman saat akan menyebrang di jembatan Suramadu.

Tak hanya perantau lokal, namun warga Madura yang juga pekerja migran di luar negeri juga toron atau balik kampung saat lebaran, seperti dari Saudi Arabia Yaman, hingga Hongkong dan Taiwan.

Suasana haru dan bahagia terlihat dari para memudik yang disambut bak pahlawan ini, seperti kata Muharam, warga Pamekasan, Madura yang merantau sebagai pekerja migran di Saudi Arabia, sudah dua tahun belum pulang lebaran.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
01:36
08:17
05:48
02:30
04:12
Viral