PG Meritjan Kediri Gelar Ritual Manten Tebu.
Sumber :
  • tvOne - muhammad imron

Awali Musim Giling, PG Meritjan Kediri Gelar Ritual Manten Tebu

Kamis, 30 Mei 2024 - 14:00 WIB

Kediri, tvOnenews.com - Manten tebu menandai dimulai musim giling tebu di Pabrik Gula (PG) Meritjan Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. Ritual manten tebu dimulai dengan mengarak batang tebu yang dihias dengan janur, dengan diiringi oleh dayang dan dua kembar mayan menuju kompleks area penggilingan tebu.

Setelah sampai lokasi, kemudian dilanjutkan dengan prosesi tebu diberikan kepada petani yang dilanjutkan diberikan kepada jajaran direksi pabrik gula sebelum dimasukan ke mesin gilingan tebu.

Ritual menjodohkan sepasang tebu dilakukan PG Meritjan sebagai bentuk doa selamat dan pengharapan agar giling tebu tahun 2024 mampu memenuhi target produksi.

"PG Meritjan Insya’Allah akan giling pada tanggal 22 Juni, untuk kesiapan giling kita bersama semua manajemen dan karyawan sungguh sungguh kompak," Kata Herman General Manager Pabrik Gula Meritjan, Rabu (29/5).

Lanjut Herman, selain sumberdaya manusia juga secara teknis pihaknya sudah disiapkan, bahkan telah melakukan tes performance publik dengan hasil hampir sempurna.

"Mulai dari stasiun gilingan hingga kemasan sudah kita siapkan dengan baik," lanjutnya.

Sementara dari bahan baku tebu, saat ini pabrik gula Meritjan telah melakukan pembinaan kepada ratusan petani tebu untuk menyuplai penggilingan untuk mencapai target 16 ribu ton gula.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
01:36
08:17
05:48
02:30
04:12
Viral