Petugas Pantarlih Coklit Pemilih Berusia Satu Abad Lebih.
Sumber :
  • tim tvone - umar sanusi

Pilkada Jombang: Petugas Pantarlih Coklit Pemilih Datangi Warga Berusia Satu Abad Lebih

Selasa, 25 Juni 2024 - 10:45 WIB

Jombang, tvOnenews.com - Memasuki tahapan pemutakhiran data pemilih untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi dan Kabupaten, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang menyebar ribuan Pantarlih ke pelosok desa.

Petugas mendatangi warga yang namanya telah masuk dalam DP4 hasil sinkronisasi, salah satunya kepada Siti Kamsinah yang usianya telah mencapai satu abad lebih.

“Usia ibu aslinya sudah 128 tahun, namun yang tertera dalam KTP dan KK tercatat berusia 106 tahun,” kata Siti Aisyah putri ke-9 dari Siti Kamsinah kepada awak media. 

Nenek lansia itu, hanya bisa duduk di atas kasur tempat tidurnya saat ditemui petugas Pantarlih dari KPU Jombang. Ia juga sudah tak bisa melakukan tanda tangan hingga petugas menggantinya dengan cap jempol saat melengkapi berkas.

Meski usia perempuan warga Dusun Bajang, Desa Karanglo, Kecamatan Mojowarno tersebut telah mencapai satu abad lebih, nenek Kamsinah masih terlihat sehat. Namun, kondisi fisiknya sudah mulai lemah tidak bisa berpergian jauh.

“Kami mohon ketika pemilihan nanti, ada petugas yang datang ke rumah. Agar ibu bisa memberikan hak pilihnya sebagai warga Indonesia yang sah,” ujar Siti Aisyah.
 
Sementara itu, Ayatulloh Khumaini Komisioner KPU Jombang mengatakan bahwa pencoklitan terhadap Nenek Siti Kamsinah merupakan kewajiban KPU Jombang untuk melayani setiap warga Jombang yang mempunya hak pilih.

“Ini bentuk kepedulian KPU Jombang untuk memberikan hak pilih kepada warga Jombang. Meski sudah lansia Nenek Kamsinah masih mempunyai hak pilih seperti halnya warga Jombang pada umumnya,” tegasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:48
02:59
01:19
02:16
04:29
01:58
Viral