Ikatan Jamaah Ahlul Bait Indonesia (IJABI).
Sumber :
  • tvOne - sandi irwanto

Cegah Intoleransi dan Radikalisme di Indonesia, Jemaah Ahlul Bait Usung Konsep Islam Madani

Minggu, 30 Juni 2024 - 21:20 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Ikatan Jemaah Ahlul Bait Indonesia (IJABI) mengusung konsep Islam Madani sebagai gerakan untuk mencegah intoleransi dan radikalisme, lewat muktamar ke 6 yang berlangsung di Kota Surabaya. Staf khusus menteri dalam negeri mengapresiasinya  sebagai gagasan yang dinilai sangat cocok dalam konsep kenegeraan dan kebangsaan di Indonesia yang plural.  

"Islam Madani menjadi gagasan konseptual yang positif dan sangat cocok dalam konsep kenegeraan dan kebangsaan di Indonesia yang beragam," kata Staf Khusus Menteri Dalam Negeri Bidang Politik dan Pembentukan Jaringan Apep Fajar Kurniawan, saat membuka Muktamar VI IJABI tahun 2024 di Surabaya, Sabtu (29/6).

Menurutnya Islam Madani secara spesifik mengedepankan nilai-nilai toleransi, tenggang rasa, saling menghormati serta menghargai antar dan inter umat beragama dalam hal pemahaman keagamaan maupun kehidupan sosial masyarakat yang perlu dikedepankan.

"Konsep Islam Madani selaras dengan spirit kebangsaan, terutama Bhinneka Tunggal Ika dan Pancasila sebagai jiwa bangsa," ujarnya. 

Ketua Umum Tanfidziyah IJABI, Syamsuddin Baharuddin menjelaskan Muktamar VI yang berlangsung di Surabaya pada 28 - 30 Juni 2024 mengangkat tema  “Islam Madani, Jalan Moderasi Beragama”.

Syamsuddin Baharuddin menyebutkan, Islam madani secara spesifik mengedepankan nilai-nilai toleransi, tenggang rasa, saling menghormati serta menghargai antar umat beragama, dalam hal pemahaman keagamaan maupun kehidupan sosial masyarakat yang perlu dikedepankan.

"Persoalan terbesar bangsa kita adalah intoleransi dan radikalisme. Kami ingin menjadi bagian dari gerakan bangsa melawan dengan mengarustamakan Islam Madani sebagai jalan moderasi beragama," katanya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:13
00:55
02:20
08:04
01:27
01:32
Viral