Pemecatan Ketua KPU RI.
Sumber :
  • tim tvone - syamsul huda

Pemecatan Ketua KPU RI, Wapres KH Ma'ruf Amin Tegaskan Ini Peringatan Keras Pentingnya Moralitas dan Integitas Pemimpin

Kamis, 4 Juli 2024 - 15:43 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Menanggapi putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, menghormati putusan DKPP yang memberhentikan Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari, karena terjerat kasus asusila terhadap anggota Panitia Pemilihan Luara Negeri (PPLN) Den Haag, Belanda.

"Saya menghormati putusan DKPP, tentu DKPP punya alasan dalam mengambil keputusan itu. Saya tentu tidak memasuki masalahnya lebih lanjut, karena memang itu adalah ranahnya DKPP," tegas Wapres KH Ma'ruf Amin usai membuka acara Asian-Pacific Aquaculutre 2024 di Surabaya, Kamis (4/7). 

"Tetapi buat saya ini menjadi pelajaran penting bagi semua pihak, dan ini sekaligus menjadi peringatan keras bagi para pemangku kekuasaan atas pentingnya moralitas dan integritas bagi para pemimpin," tambah Wapres.

Sementara itu, meski saat ini Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari atas Putusan DKPP dalam perkara nomor 90-PKE-DKPP/V/2024, telah diberhentikan dari Ketua KPU, namun hal tersebut tidak akan mengganggu jalannya pelaksanaan pilkada serentak dalam waktu dekat. Wapres menyebut KPU adalah kerja tim, dan yang berperkara hanya perorangan.

"KPU ini kan kerja tim, dan yang berperkara bukanlah KPU, namun hanya perorangan, sehingga tidak akan mengganggu jalan Pilkada Serentak," pungkasnya. (sha/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:00
03:06
01:31
02:06
01:33
01:30
Viral