Kirab puluhan gunungan hasil bumi di Desa Krejengan Kec. Krejengan Kab. Probolinggo.
Sumber :
  • tvOne - m syahwan

Peringati Tahun Baru Islam 1446 H, Warga Probolinggo Gelar Kirab Puluhan Gunungan Hasil Bumi

Minggu, 7 Juli 2024 - 15:46 WIB

Probolinggo, tvOnenws.com - Ribuan warga Desa Krejengan, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo, menggelar tradisi arak-arakan puluhan sesaji gunungan hasil bumi, Minggu (7/7).

Tradisi kirab gunungan hasil bumi digelar setiap setahun sekali, dalam rangka Selamatan Desa yang bersamaan dengan Tahun Baru Islam 1446 H. Kegiatan unik ini murni dari hasil swadaya masyarakat Desa Krejengan setempat, sebagai rasa sujud dan syukur kepada Allah Maha Esa.

Heri Sulistyanto, PJ Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo mengatakan, sangat mengapresiasi dalam hal partisipasi pembangunan Desa Krejengan sebagai desa yang mandiri.

"Sangat bangga pada masyarakat Desa Krejengan yang masih terus melestarikan budaya lokal yang kian terkikis oleh perkembangan zaman. Pelestarian budaya selamatan desa ini, termasuk salah satu upaya dukungan terhadap pembangunan saat ini," katanya.

Kegiatan Selamatan Desa merupakan kebudayaan lokal yang harus tetap dilestarikan dan dijaga bersama, karena tradisi ini sebagai peninggalan dari nenek moyang kita.

"Selamatan Desa yang digelar bersamaan Tahun Baru Islam 1446 H ini, semoga bisa menciptakan kerukunan dan silaturahmi antar warga bisa semakin erat," imbuhnya.

Sementara itu, Nurul Huda Kepala Desa Krejengan menyampaikan, berkat kekompakan dan partisipasi warga desa akhirnya tradisi selamatan Desa Krejengan bisa terlaksana dengan baik.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:00
03:06
01:31
03:53
02:26
06:36
Viral