Ratusan ibu-ibu hamil ikuti senam.
Sumber :
  • tvOne - timtvone

Memperlancar Persalinan Bisa dengan Senam Sehat, Intip Tips dari Dokter Kandungan

Minggu, 7 Juli 2024 - 18:58 WIB

Sidoarjo, tvOnenews.com - Ratusan ibu-ibu hamil ikuti senam untuk memperlancar proses persalinan di salah satu mall Sidoarjo, Jawa Timur.

Dalam acara tersebut Dokter Spesialis Kandungan RSU Usada Sidoarjo, dr. Budi Setiawan Harjoto, Sp.OG mengatakan, senam ini berguna untuk meminimalisir rasa sakit saat persalinan. 

"Tujuannya supaya aman, sehat sehingga menurunkan angka kejadian kematian ibu hamil khususnya di daerah Sidoarjo. Persiapan kehamilan tentunya ada 3 antara lain persiapam sebelum kehamilan, pada saat kehamilam dan juga pasca persalinan atau masa nifas," ucapnya.

Ia melanjutkan mengenai vaksinasi pada ibu hamil, ada yang diperbolehkan, adapula yang tidak.

"Jadi vaksinasi yang boleh dilakukan selama kehamilan pada prinsipnya vaksinasi tidak boleh mengandung virus yang hidup, contohnya seperti vaksinasi untuk menjaga campak Jerman sangat tidak boleh. Sementara yang diperbolehkan seperti vaksinansi covid, hebatitis B," terangnya.

Salah satu kegiatan aktivitas fisik ibu hamil yang disarankan adalah senam hamil. Hal ini karena berdasarkan studi-studi yang telah dilakukan, aktivitas selama hamil sangat dianjurkan karena sangat membantu mencegah peningkatan berat badan yang berlebihan, mengurasi resiko komplikasi seperti kencing manis dan hipertensi. 

"Dalam tanda kutip pasien memang diperbolehkan untuk melakukan aktivitas fisik. Namun pada pasien ibu hamil tertentu harus memperhatikan bilamana terdapat riwayat hipertensi terhadap berat, riwayat pendarahan jalan lahir atau penyakit jantung tidak boleh melakukan aktivitas fisik yang berlebihan, itupun harus memiliki syarat tertentu seperti durasi, intensitas juga tipe aktivitas," imbuh dr. Budi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:00
03:06
01:31
03:53
02:26
06:36
Viral