Upacara Adat Larung Sesaji di Blitar.
Sumber :
  • tim tvone - imron

Upacara Adat Larung Sesaji, Bupati Blitar Ikut Berebut Tumpeng bersama Warga

Selasa, 9 Juli 2024 - 14:06 WIB

Blitar, tvOnenews.com - Bupati Blitar, Rini Syarifah, menghadiri acara upacara adat Larung Sesaji yang diadakan di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar. Larung Sesaji merupakan tradisi tahunan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Blitar. Bupati ikut memeriahkan dengan ikut berebut tumpeng bersama warga, Selasa (9/7). 

Bupati Rini Syarifah menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan acara ini, yang digelar di Wisata Pantai Serang. Bupati berharap tradisi larung sesaji dapat menarik wisatawan dan memberi dampak kemajuan ekonomi warga.

"Hari ini kami menghadiri acara upacara adat Larung Sesaji di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo. Kami, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar, sangat mengapresiasi kegiatan Larung Sesaji di Desa Serang ini, karena ini juga menarik wisatawan untuk menyaksikan acara yang dilaksanakan setiap tahun ini," katanya.

Bucengan lanang dan wadon yang dilarung merupakan hasil bumi dari Desa Serang. Selain itu, acara yang diikuti oleh warga masyarakat Desa Serang dan wisatawan, kemudian berebut tujuh gunungan yang melambangkan tujuh abad berdirinya Kabupaten Blitar. 

Rini Syarifah berharap event Larung Sesaji di Desa Serang menjadi daya tarik pada sektor wisata dan budaya di Kabupaten Blitar. Larung sesaji dilakukan sebagai bentuk rasa syukur masyarakat atas hasil bumi yang melimpah dan juga sebagai upaya untuk melestarikan budaya leluhur.

“Semoga ke depannya warga masyarakat Desa Serang semakin maju dan sejahtera. Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar juga berkomitmen untuk terus mendukung dan mengembangkan potensi wisata budaya di daerah ini," harapnya.

Kepala Desa Serang Dwi Handoko mengatakan larung sesaji selain sebagai wujud syukur dan pelestarian budaya, acara ini juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga setempat melalui sektor pariwisata. Dengan banyaknya wisatawan yang datang, masyarakat Desa Serang dapat memanfaatkan momentum ini untuk memperkenalkan produk-produk lokal.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral