Jembatan Kedungpeluk Sidoarjo Ambrol.
Sumber :
  • Tim tvone - khumaidi

Jembatan Kedungpeluk Ambrol, Plt Bupati Subandi Cari Solusi Jembatan Bailey, Target Satu Bulan

Selasa, 16 Juli 2024 - 20:53 WIB

Sidoarjo, tvOnenews.com - Plt Bupati Sidoarjo Subandi melihat langsung jembatan Desa . Kedungpeluk, Kecamatan Candi, yang ambrol, Selasa (16/7).

Subandi memerintahkan permasalahan Jembatan Bailey agar segera ada jalan alternatif, sehingga perekonomian warga tidak terganggu. 

”Karena jembatan ini akses satu-satunya, mau tidak mau, kita harus segera bangun Jembatan Bailey. Sekitar 1 bulan ini selesai. Warga membutuhkan akses,” kata Plt Bupati Sidoarjo Subandi saat berada di lokasi jembatan yang patah. 

Jembatan Bailey adalah jembatan dengan konstruksi rangka baja yang bersifat portabel. Bisa dibangun dengan cepat dan dipindah-pindahkan sesuai kebutuhan. Menurut rencana, Jembatan Bailey untuk pengganti sementara jembatan Kedungpeluk itu selebar 3 meter. Panjangnya menyesuaikan dengan kebutuhan akses warga. 

Perintah membangun Jembatan Bailey itu disampaikan Plt Bupati Subandi kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (PU BMSDA) Sidoarjo Dwi Eko Saptono. 

Subandi menjelaskan, salah satu penyebab ambrolnya Jembatan Kedungpeluk itu adalah struktur bangunannya yang sudah lama, dibangun sekitar 1975-an. Sebelumnya juga sudah terjadi retakan. Pada Selasa siang itu, retakan melebar hingga kemudian ambol. Dirinya bersyukur tidak sampai ada warga yang menjadi korban. 

Saat ini, Jembatan Kedungpeluk merupakan satu-satunya jalan penghubung warga setempat menuju arah Jalan Lingkar Timur. Kemudian, mengakses berbagai dari dan menuju Sidoarjo. 
Warga berharap secepatnya dilakukan perbaikan. Karena di Desa Kedungpeluk, banyak aktivitas perekonomian yang memerlukan akses jalan, diantaranya petani tambak, kupang, dan sebagainya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:23
04:52
02:25
03:17
05:11
01:43
Viral