pameran seni lukis jelajah di Pulau Madura.
Sumber :
  • Tim tvone - dimas farik

Pameran Seni Lukis Se-Indonesia Jelajah di Pulau Madura

Jumat, 26 Juli 2024 - 21:00 WIB

Bangkalan, tvOnenews.com - Suasana meriah diiringi musik-musik etnik di lingkungan Pendopo Agung Bupati Bangkalan. Sejumlah warga berdatangan untuk melihat dan menikmati festival jelajah Madura.

Pameran seni dan budaya yang diprakarsai Ikatan Pelukis Indonesia (IPI) menampilkan hasil kreatif lokal dari ratusan lukisan berbagai aliran. Tak hanya lukisan para seniman profesional, karya yang dipajang ini pun hasil coretan masyarakat umum yang bernilai seni tinggi.

Pameran ini pun menjadi daya tarik tersendiri sehingga masyarakat datang berkunjung ke Pendopo Agung Bangkalan, Madura, mulai anak-anak sampai orang dewasa.

"Festival jelajah Madura merupakan karya lukisan yang didatangkan dari para seniman lukis se-Indonesia seperti lukisan dari Aceh, Kalimantan dan yang lainnya, termasuk karya seni lokal dipajang di Pendopo Agung Bangkalan, Madura, bergabung memamerkan berbagai aliran seni," kata Arya Sandoro panitia Festival jelajah Madura, Jumat (26/7)

"Kami komunikasi seni bekerjasama dengan komunitas seni Madura termasuk yang ada di Bangkalan, Madura. Ini pameran terbesar di Madura. Ia berharap adanya pameran ini dapat menunjung generasi muda selanjutnya untuk terus berkarya," lanjutnya.

Ia mengatakan, tema lukisan ditampilkan dan dianggap cukup menarik perhatian pengunjung terutama lukisan yang bernuansa budaya hingga lukisan para tokoh-tokoh ulama dan carok. Tak kalah menariknya sejumlah pelajar pun ikut serta memamerkan lukisan terbaiknya

"Karya seni pelajar juga bagus - bagus. Tapi karena kurang dukungan dari pemerintah,  banyak yang kerjasama dengan seniman atau perupa dari luar. Bahkan mereka tidak respek melihat karya anak di Bangkalan. Pameran ini berlangsung selama sepuluh hari. Awalnya pameran di Sampang lalu ke kabupaten Bangkalan. Setelah dari Bangkalan, akan bergeser ke kota lain tentu masih di Madura," ujarnya. (fds/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:29
02:01
03:03
03:01
19:03
01:14
Viral