Budiman Sudjatmiko Lantik Pengurus Genta Pangan se-Jatim di Lamongan.
Sumber :
  • tvOne - mahrus

Pengurus Genta Pangan se-Jatim Dilantik di Lamongan, Siapkan Langkah Penuhi Pangan Nasional

Minggu, 11 Agustus 2024 - 00:58 WIB

Lamongan, tvOnenews.com - Pengurus Gerakan Tani (Genta) Pangan tingkat kabupaten/kota se-Provinsi Jawa Timur, resmi dilantik oleh Ketua Umum Genta Pangan Nasional, Budiman Sudjatmiko di Lapangan Desa Jotosanur, Kecamatan Tikung, Kabupaten Lamongan, Sabtu (10/8) siang.

Setelah dilantik, pengurus Genta Pangan tingkat kabupaten/kota langsung ditunggu dengan tugas-tugas untuk menjalankan program yang telah dirancang untuk mewujudkan kedaulatan ketahanan pangan nasional. 

"Agenda kami terdekat setelah pembentukan pengurus kabupaten se-Jatim adalah konsolidasi organisasi," kata Budiman Sudjatmiko.

Genta Pangan akan bergerak untuk mendorong kemandirian pertanian dan meningkatkan produksi, agar terwujud swasembada pangan. Selain itu, juga untuk menyokong program makan bergizi gratis yang diusung oleh Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Wakil presiden Gibran Rakabuming Raka.

"Kita ingin jangan sampai itu (program makan bergisi gratis) bergantung pada impor. Minimal di setiap provinsi di Indonesia 80 persen kebutuhan pangan untuk makan bergizi gratis bagi anak-anak sekolah sampai ibu-ibu hamil itu dicukupi oleh provinsinya sendiri. Kita ingin menjadi gerakan kemandirian pangan," tambahnya.

Namun jika melihat kondisi pertanian di Indonesia saat ini, kata Budiman, masih belum bisa untuk mencapai kedaulatan pangan Nasional, pasalnya saat ini sektor pertanian masih memerlukan dukungan infrastruktur dari pemerintah. 

Oleh karena itu, ada beberapa langkah yang akan dilaksanakan Genta Pangan. Salah satunya dengan mendorong generasi muda untuk bertani, dengan ditunjang berbagai teknologi pertanian modern.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:25
03:03
01:47
01:21
11:37
02:51
Viral