Jelang Latgab Super Garuda Shield 2024, alutsista Amerika Serikat mulai tiba di Pelabuhan Tanjungwangi.
Sumber :
  • happy oktavia

Jelang Latihan Gabungan Super Garuda Shield 2024, Alutsista AS Tiba di Banyuwangi

Selasa, 13 Agustus 2024 - 16:18 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.comLatihan gabungan  (latgab) Super Garuda Shield 2024 akan kembali digelar mulai tanggal 26 Agustus hingga 6 September 2024. Alat perang milik tentara Amerika Serikat (AS) mulai tiba di Banyuwangi. Ratusan alat utama sistem persenjataan canggih itu mendarat di dermaga Pelabuhan Tanjungwangi, Senin (12/8). Seluruhnya diangkut Kapal MV Cape Hudson berbendera AS.

Tak hanya peralatan senjata, kapal ini juga membawa sejumlah kendaraan angkut militer termasuk helikopter. Begitu mendarat, proses bongkar langsung digelar. Selama pembongkaran berbagai peralatan tempur ini, pengamanan di sekitar dermaga Tanjungwangi diperketat. Personel TNI AL Banyuwangi berpatroli di sekitar pelabuhan. Dua kapal TNI AL (KAL) diterjunkan. Masing-masing, KAL Rajegwesi dan KAL Sembulungan. Ada juga patroli dengan perahu cepat di sekitar perairan Tanjungwangi.

Personel TNI AL juga membantu proses bongkar dari kapal menuju pelabuhan. Ketatnya pengamanan ini akan terus berlangsung hingga proses bongkar seluruh peralatan tentara AS selesai.

“Sesuai petunjuk pimpinan, kami menggelar pengamanan proses bongkar peralatan militer AS mulai H-1 hingga selesai,” kata Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banyuwangi, Letkol Laut (P) Hafidz.

Latgab antara TNI dan AS ini merupakan kegiatan rutin tahunan. Tak hanya kedua negara, sejumlah perwakilan negara sahabat juga dijadwalkan ikut hadir. Rencananya, latgab akan digelar sekitar 10 hari. (hoa/far)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:21
11:37
02:51
00:51
01:09
02:08
Viral