Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf.
Sumber :
  • tvOne - sandi irwanto

Konflik PBNU dan PKB, Ketum PBNU Dapat Mandat Khusus Segera Perbaiki PKB

Selasa, 13 Agustus 2024 - 18:26 WIB

Surabaya, tvOnenews.comKonflik antara PBNU dengan PKB agaknya semakin memanas. Menanggapi hal tersebut Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf mendapatkan mandat penuh dari Rais Aam PBNU KH Miftachul Ahyar untuk segera memperbaiki partai pimpinan Muhaimin Iskandar tersebut.

Hal ini karena PBNU mempunyai tanggung jawab moral untuk memperbaiki PKB, yang dinilai melenceng dari desain awal pembentukannya oleh para kiai NU.

Mandat tersebut diberikan Rais Aam setelah sebelumnya ratusan kiai berkumpul di Pesantren Tebuireng dan menyepakati memberikan “Mandat Tebuireng” kepada Rais Aam PBNU untuk memperbaiki PKB.

“Kemarin Kiai berkumpul (di pesantren Tebuireng). Mendalami masalah-masalah terkait hubungan PBNU dan PKB,” kata Gus Yahya ketika ditemui wartawan di Kediaman Rais Aam, Pesantren Miftachussunnah, Surabaya, Selasa (13/8).

Usai  mendapatkan “Mandat Tebuireng”, Rais Aam PBNU KH Miftachul Ahyar hari ini kemudian memanggil Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf yang kebetulan berada di Surabaya bersama sejumlah pengurus PBNU.

“Kemudian saya tadi mendapatkan perintah langsung dari Rais Aam untuk menindaklanjuti laporan dari para kiai,” ujar Gus Yahya.

Terkait langkah apa yang akan dilakukan dalam menghadapi Muktamar PKB, Gus Yahya mengaku akan segera mematangkan rumusannya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral