Kostum unik saat upacara peringati HUT RI.
Sumber :
  • khumaidi

Unik, Upacara Peringati HUT RI ke-79 di Sidoarjo Dipenuhi Kostum Unik, Pakai Daun Pisang hingga Lauk Pauk

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 13:10 WIB

Sidoarjo, tvOnenews.com - Peringatan HUT Republik Indonesia ke-79 tahun, upacara bendera dilaksanakan di seluruh indonesia. Berbeda dari umumnya, di Desa Kedungcangring Jabon Sidoarjo, upacara dilaksanakan dengan mengenakan kostum unik oleh para warganya seperti baju dari pohon pisang dan kostum lauk pauk yang ada di dapur ibu-ibu.

Inisiator yang juga sebagai petugas Babinkamtibmas Kedungcangkring Jabon Sidoarjo, Aipda MF Rozi menyampaikan, upacara ini merupakan bentuk kesatuan antara Polri dan warga desa yang dikemas secara kreatif.

"Upacara ini sebagai wujud kesatuan antara Polri dan 150an warga desa di sini, bahwa Polri selalu hadir ditengah-tengah masyarakat dengan segala keanekaragaman yang ada," ucapnya.

Rozi melanjutkan, upacara ini juga sebagai bukti wujud nasionalisme warga desa kepada negara Indonesia.

"Meski ini di desa dan banyak diantara tidak bekerja di instasi, tapi ini bukti nasionalisme rasa cinta kita," jelasnya.

Kostum-kostum unik yang dikenakan para warga, dijelaskan Rozi merupakan hasil kreatifitas dengan menggunakan bahan yang ada di sekitar.

"Banyak macam kostum unik yang dikenakan saat upacara. Ada yang memakai ikan asin, cabai merah besar dan daun bawang untuk bando dengan rok dari daun pisang kering. Ada kostum dari daun kemangi kering, dan juga dari karung, kresek dan kertas nasi yang dikreasikan menjadi pakaian hindia. serta banyak lainnya," ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:21
11:37
02:51
00:51
01:09
02:08
Viral