LSM Lira Jatim dan Ibu Siti Alifah.
Sumber :
  • tvOne - zainal

Viral Korban Begal Disabilitas, LSM Lira Jatim Ajak Pemerintah Surabaya Berikan Perlindungan Lebih

Rabu, 21 Agustus 2024 - 18:24 WIB

Surabaya, tvOnenews.com – Video viral menunjukkan seorang petugas kebersihan disabilitas menjadi korban begal di Surabaya memicu kepedulian dari berbagai kalangan. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lira Jatim segera merespons dengan memberikan bantuan hukum dan sosial kepada korban, Ibu Siti Alifah (56), seorang petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang juga penyandang disabilitas.

Rombongan DPW LSM Lira Jatim yang berangkat dari basecamp mereka di Jalan Mayjen Sungkono, langsung mengunjungi rumah kontrakan korban di Panjangjiwo 6 No 34, Surabaya. Langkah ini sebagai bentuk kepedulian dan dukungan, serta untuk mengawal proses hukum hingga pelaku begal tertangkap.

Samsudin, Gubernur LSM Lira Jawa Timur, menegaskan pentingnya perlindungan yang lebih baik bagi pekerja disabilitas.

"Seharusnya ada regulasi yang melindungi pekerja disabilitas, seperti mengatur jam kerja dan menghindari diskriminasi dengan tidak menempatkan mereka pada shift malam atau pagi buta," ujarnya.

Samsudin juga mendesak penegak hukum untuk segera menangkap pelaku begal. LSM Lira Jatim berencana untuk mengirimkan surat resmi kepada Polrestabes Surabaya dan Polda Jatim untuk memastikan kasus ini segera diusut tuntas.

Lebih lanjut, LSM Lira Jatim akan berkoordinasi dengan pemerintah Surabaya dan Dinas Sosial untuk memastikan korban mendapatkan bantuan yang layak.

"Kami berharap kejadian serupa tidak terulang. Kami juga akan memberikan dukungan hukum dan psikologis untuk Ibu Siti Alifah dan keluarganya," jelas Ninayanti, Ketua LBH Lira Jawa Timur.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:21
11:37
02:51
00:51
02:08
10:31
Viral