Gunung Semeru Semburkan Abu Vulkanik.
Sumber :
  • tim tvone - wawan sugiarto

Kembali Erupsi, Gunung Semeru Semburkan Abu Vulkanik Tebal Setinggi 900 Meter

Jumat, 30 Agustus 2024 - 13:31 WIB

Lumajang, tvOnenews.com - Gunung Semeru (3676 Mdpl) di perbatasan Kabupaten Lumajang – Malang, kembali mengalami erupsi, Jumat (30/8). 

Berdasarkan laporan petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Semeru, erupsi  terjadi pada pukul 10.06 WIB. Tinggi kolom letusan setinggi 900 meter di atas puncak kawah. Dengan kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal ke arah timur. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 110 detik. 

“Terjadi erupsi Gunung Semeru dengan tinggi kolom letusan 900 meter di atas puncak kawah. Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal,” ujar petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru Sigit Rian Alfian dalam laporannya, Jumat (30/8).

Hingga saat ini, Gunung Semeru masih berstatus waspada atau level 2, sehingga petugas mengimbau agar warga tetap waspada dan berhati-hati saat melakukam aktivitas, serta mematuhi semua rekomendasi yang telah dikeluarkan oleh PVMBG diantara agar warga tidak melakukan aktifitas di sektor tenggara di sepanjang besuk kobokan sejauh 8 kilometer dari puncak dan 500 meter dari tepi sungai di sepanjang sungai Besuk Kobokan, karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 13 kilometer dari puncak.

Selain itu warga juga diimbau tidak beraktivitas pada radius 3 kilometer dari kawah atau puncak gunung api Semeru, karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar). Serta mewaspadai potensi Awan Panas Guguran (APG), guguran lava dan lahar di sepanjang aliran sungai yang berhulu di Gunung Semeru terutama Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar dan Besuk Sat, serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan. (wso/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
02:11
02:30
03:20
01:23
02:25
Viral