Kominfo Goes to School SMAN 1 Talun.
Sumber :
  • tim tvone - imron

Kominfo Kabupaten Blitar Goes to School SMAN 1 Talun, Literasi Digital dan Kewirausahaan

Jumat, 30 Agustus 2024 - 14:03 WIB

Blitar, tvOnenews.com - Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Kominfotiksan) Kabupaten Blitar menggelar Kominfo Goes to School di Sekolah Menengah (SMA) Negeri 1 Talun, (22/08). Kominfo Goes to School bertujuan untuk meningkatkan literasi digital, mengarahkan siswa agar dapat menggunakan media sosial secara bijak, dan membangun mindset wirausaha di kalangan siswa SMA dan SMK sederajat di Kabupaten Blitar.
 
Bupati Blitar Rini Syarifah, yang hadir untuk membuka acara tersebut, memberikan motivasi dan semangat kepada para pelajar untuk terus belajar dan mengembangkan diri. Bupati juga menekankan pentingnya bijak dalam bergaul dan bermedia sosial.
 
"Pemerintah berkomitmen untuk melindungi generasi muda dari dampak negatif internet. Literasi digital bukan hanya tentang bagaimana menggunakan teknologi, tapi juga bagaimana menjadi pengguna yang bertanggung jawab dan bijak. Manfaatkan media sosial sebagai sarana untuk belajar dan mengembangkan diri,” pesannya.
 
Bupati juga mengajak para pelajar untuk menjadi agen perubahan dan ikut mempromosikan potensi Kabupaten Blitar. 

“Kalian adalah influencer di kalangan teman sebaya. Manfaatkan pengaruh kalian untuk mempromosikan pariwisata, UMKM, dan potensi lainnya di Kabupaten Blitar,” ajaknya.
 
Sekretaris Dinas Kominfotiksan Kabupaten Blitar, Murlina mengatakan Kominfo Goes to School hasil kolaborasi antara Kominfo Kabupaten Blitar dengan SMAN 1 Talun serta Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Blitar, Dispen dukcapil dan Dinas Kesehatan.
 
"Tujuan utama kegiatan ini adalah memberikan pemahaman kepada siswa mengenai bagaimana menggunakan internet dan media sosial secara bijak serta bertanggung jawab, termasuk dalam hal pencegahan cyberbullying," ujar Murlina.
 
Selain literasi digital, acara ini juga bertujuan untuk membangun mindset wirausaha di kalangan siswa. Murlina menegaskan pentingnya menanamkan semangat kewirausahaan sejak dini agar siswa dapat mandiri dan kreatif di masa depan.
 
"Kami ingin menciptakan generasi emas yang tidak hanya pintar menggunakan teknologi, tetapi juga mampu menciptakan peluang dari teknologi tersebut," tambah Murlina.
 
Setelah acara formal, para siswa diajak untuk berpartisipasi dalam kegiatan kreatif seperti pembuatan konten TikTok bersama Bupati Blitar dan para panitia. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi ajang bagi siswa untuk mengasah kemampuan mereka dalam membuat konten yang positif dan bermanfaat di media sosial. (min/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
02:11
02:30
03:20
03:00
01:23
Viral