Konferensi pers KPU Jawa Timur.
Sumber :
  • sandi irwanto

Ada Lima Pilkada di Jatim Lawan Kotak Kosong, Satu Calon Perseorangan

Sabtu, 31 Agustus 2024 - 16:47 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Komisi Pemilihan Umum  Provinsi Jawa Timur mencatat, pemilihan kepala daerah atau Pilkada 2024 di lima daerah di Jatim melawan kotak kosong. Hal ini lantaran tidak ada pasangan calon lain yang mendaftar di KPUD setempat.

Salah satunya, pilkada di Kota Surabaya yang hanya terdapat pasangan Eri Cahyadi dan Armuji. Sehingga, KPU kabupaten/kota  setempat akan memberi tambahan waktu perpanjangan pendaftaran pasangan calon selama tiga hari. 

Komisinoner KPUD Jawa Timur Bidang Teknis Choirul Umam menyebutkan, ada lima daerah di Jatim yang hanya ada satu pasangan calon atau paslon yang mendaftar atau calon tunggal. Sehingga akan diberi tambahan waktu perpanjangan pendaftaran paslon tiga hari. 

"Paslon di lima daerah yang melawan kotak kosong alias calon tunggal tersebut adalah Kabupaten Trenggalek, Ngawi, Gresik, Pasuruan dan Kota Surabaya," ungkap Choirul Umam. 

Mengenai  kepastian ada tidaknya perpanjangan masa pendaftaran paslon tersebut, Choirul Umam menyerahkan ke masing-masing KPU di kabupaten/kota setempat. Alasannya, KPU di daerah yang mengetahui pasti kondisi di lapangan. 

"Contohnya di Kota Surabaya, total ada 18 partai politik mengusung paslon petahana Eri Cahyadi-Armuji pada Pilwali Surabaya 2024. Artinya,  hal ini  tidak memungkinkan lagi ada pesaing yang mendaftar," ujarnya. 

Sementara itu, di Jawa Timur sendiri hanya ada satu paslon perseorangan atau independen, yang memenuhi syarat, yakni di Kabupaten Bojonegoro.  Di Jawa Timur sendiri terdapat 38 kabupaten/kota yang akan menggelar Pilkada 2024 secara serentak. (msi/far)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
01:25
03:14
02:08
02:11
02:30
Viral