Kebakaran Besar di Pabrik Kayu Ponorogo.
Sumber :
  • tvOne - aris sutikno

Kebakaran Besar di Pabrik Kayu Ponorogo, Gudang dan Ribuan Lembar Kayu Hangus Terbakar

Senin, 2 September 2024 - 13:30 WIB

Ponorogo, tvOnenews.com – Sebuah pabrik pengolahan kayu milik PT Pinus Jaya Playwood yang ada di Jalan Ponorogo-Madiun terbakar hebat. Akibat kebakaran tersebut ribuan tumpukan lembaran olahan kayu dan satu buah gudang habis terbakar.

Kebakaran ini diduga disebabkan karena percikan api dari pembakaran sampah hingga akhirnya menjalar ke tumpukan kayu yang ada di komplek gudang pengolahan kayu. Kondisi pabrik yang sedang libur membuat sumber api tidak segera diketahui oleh petugas keamanan pabrik.

“Berawal dari terbakarnya tumpukan sampah, dan saat itu angin bertiup sangat kencang, sehingga api cepat sekali merambat ke tumpukan lembaran kayu,” terang Kapolsek Babadan, AKP Hariyadi. 

Satpam pabrik sebenarnya sudah berusaha untuk memadamkan api, namun karena banyak sekali tumpukan kayu kering dan tiupan angin yang kencang membuat api justru semakin merembet hingga tumpukan kayu yang berada di dalam gudang. 

Sementara itu, Kabid Damkar Satpol PP Kabupaten Ponorogo, Bambang Supeno, mengatakan jika pihaknya mengerahkan tiga unit truk pemadam kebakaran. Selain itu dua truk suplai air dari BPBD Ponorogo juga trus hilir mudik untuk mensuplai air ke tangki pemadam karena tumpukan kayu yang terbakar masih memunculkan bara api. 

“Kendalanya ini karena yang terbakar adalah material kayu, apalagi volumenya juga banyak,” ungkap Bambang. 

Selain itu, salah satu gudang kayu yang terbakar dalam keadaan terkunci, sehingga petugas terpaksa harus menjebol dinding gudang untuk bisa melakukan proses pemadaman. Ditambah atap gudang juga sudah dalam keadaan roboh, sehingga menyulitkan petugas pemadam untuk melakukan pendinginan. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
01:25
03:14
02:08
02:11
02:30
Viral