Sedekah bumi di Gurunganyar, Cerme, Gresik.
Sumber :
  • m habib

Unik, Warga Guranganyar Gresik Berebut Gunungan Buah dan Sayur Segar 'Naga Raksasa'

Senin, 2 September 2024 - 15:17 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Lestarikan tradisi warisan leluhur yang sudah turun temurun, Pemerintah Desa Guranganyar, Cerme, Gresik bersama ribuan masyarakat menggelar kegiatan sedekah bumi dan berebut gunungan aneka buah-buahan dan sayuran segar.

Menariknya lagi, sedekah bumi yang digelar pada tahun ini semakin meriah karena bertepatan dengan momen peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Selain itu, antusias warga sangat luar biasa karena tahun sebelumnya sempat ditiadakan lantaran pandemi Covid- 19.

Kepala Desa Guranganyar, Sariyadi mengaku bersyukur atas suksesnya acara sedekah bumi dan karnaval 17an yang diikuti seluruh warga Desa Guranganyar, mulai dari Dusun Gurangwetan, Gurangkulon dan Dalean. Ia juga memberikan apresiasi kepada warganya, karena sangat guyub dan rukun untuk ikut serta dalam meramaikan kegiatan sedekah bumi Desa Guranganyar.

“Selain sedekah bumi, wujud syukur warga atas hasil bumi pertanian, juga untuk memperingati HUT RI. Alhamdulillah warga antusias semua. Ada 16 RT dan tujuh RW. Saling komunikasi semua dari tiga dusun, dan juga donatur,” ujarnya, Senin (2/9/2024).

Masih menurut Sariyadi, selain sedekah bumi dan karnaval 17an, Pemdes Guranganyar sebelumnya juga telah menggelar kegiatan istighosah dan doa bersama yang menghadirkan KH Muhammad Qosim.

"Kemarin sudah ada istighosah Guranganyar berdzikir/bersholawat bersama pak Qosim dan nanti malam ada pertunjukkan wayang kulit dengan dalang Ki Suparno Hadi. Yang penting masyarakat bisa tentram dan sejahtera," ungkapnya.

Sariyadi berharap, pada tahun depan Desa Guranganyar semakin maju, dan acaranya bertambah meriah.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
01:25
03:14
02:08
02:11
02:30
Viral