Pakar Politik Prof Dr. Kacung Marijan.
Sumber :
  • sandi irwanto

Pakar Politik Prof Dr. Kacung Marijan Soal Pertarungan Tiga Srikandi di Pilkada Jatim: Rebut Suara Nahdliyin

Selasa, 3 September 2024 - 11:04 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Pertarungan tiga kandidat calon gubernur di Pilkada Jawa Timur, Khofifah Indar Parawnsa, Tri Rismaharini dan Luluk Nur Hamidah dinilai cukup menarik oleh pakar politik Universitas Airlangga Prof. Dr. Kacung Marijan. Ketiga srikandi ini, juga akan bertarung ketat merebut suara Nahdliyin di Jawa Timur. Pasalnya, ketiganya juga berlatar belakang Nahdlatul Ulama. 

Tiga srikandi yang akan bertarung di Pilgub Jatim 2024 ini adalah Khofifah Indar Parawansa, yang diusung sejumlah parpol, Tri Rismaharini (Risma) yang diusung PDIP dan Luluk Nur Hamidah yang diusung PKB. 

Prof. Dr. Kacung Marijan, yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya atau Unusa menilai, Pilkada di Jatim ini menarik dari perspektif gender. Dimana tiga cagubnya adalah perempuan dan cawagubnya laki-laki.

"Hal ini menunjukkan masyarakat Jawa Timur terbuka untuk menerima perempuan sebagai pemimpin," ungkap Kacung Marijan. 

Menariknya lagi, kata Kacung Marijan, mereka yang akan bertarung di Pilkada Jawa Timur ini berlatar belakang Nahdlatul Uama. Karena itu, pertarungan ketiga srikandi ini untuk merebut suara nahdliyin dalam Pilkada nanti akan semakin kuat. 

"Bergantung mereka masing-masing bagaimana bisa merebut suara kaum nahdliyin, yang cukup besar jumlahnya di Jatim," ujar Kacung saat ditemui di kampus Unusa. 

Meski begitu, Kacung menambahkan, ketiga kandidat paslon yang berkontestasi di Pilkada Jatim ini tidak harus fokus pada perbutan suara nahdliyin, karena masih ada elemen masyarakat lain yang perlu diperhatikan. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:29
06:33
02:13
01:05
10:13
03:23
Viral