Sedekah bumi Desa Tambak Beras yang menghadirkan tumpeng raksasa berisi 2.500 ikan bandeng bakar.
Sumber :
  • m habib

Keren, Tumpeng Raksasa 2.500 Ikan Bandeng Warnai Sedekah Bumi Tambak Beras Gresik

Sabtu, 7 September 2024 - 15:31 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Unik, untuk menjaga warisan budaya leluhur turun temurun, ribuan warga di Desa Tambak Beras, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik kembali menggelar kegiatan sedekah bumi (selamatan desa) pada Sabtu (7/9).

Sedekah bumi kali ini berlangsung sangat meriah lantaran warga membawa tumpeng raksasa dari hasil tambak ikan. Tumpeng raksasa itu dibuat dari sebanyak 2.500 ekor ikan bandeng yang sudah dibakar dan nantinya akan dibagikan pada pengunjung yang datang.

Ribuan ikan bandeng bakar itu hasil urunan dari warga yang mayoritas petani tambak. Setiap kepala keluarga (kk) membawa enam ekor ikan bandeng sudah dalam bentuk bakaran. Oleh panitia kemudian dibuat menjadi tumpeng raksasa ikan bandang.

"Ikan-ikan itu kita dibagikan ke pengunjung yang datang dari luar warga Tambak Beras. Sebab, banyak warga luar desa yang datang," ujar Wahyudi, Kepala Desa Tambak Beras.

Diungkapkan Wahyudi, biasanya tumpeng raksasa itu sebelum dibagikan untuk pengunjung, ditandu warga dan dikirab keliling kampung. Namun, kali ini kirab itu tidak dilakukan mengingat banyaknya kegiatan yang telah dilakukan warga lantaran masing-masing dusun, yaitu Tambak Beras, Tambak Rejo dan Tambak Segunting  punya kegiatan bertepatan dengan HUT RI ke-79.

"Jadi untuk sekarang tidak pakai kita kirab. Panitia minta cukup digelar di GOR Serbaguna," jelas Wahyudi.

Sedekah bumi itu digelar, tambah Wahyudi, sebagai ungkapan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas hasil panen warga. Menurut Wahyudi,  meski hasil panen yang didapat warganya tahun ini menurun, namun sedekah bumi harus tetap digelar.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
01:25
03:14
02:08
02:11
02:30
Viral