Sedekah Bumi.
Sumber :
  • tim tvone - habib

Unik, Meriahkan Sedekah Bumi, Warga Semampir Gresik Arak Tumpeng Miniatur Ibu Kota Nusantara

Senin, 16 September 2024 - 13:01 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Warga di Dusun/ Desa Semampir, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik mempunyai cara unik saat memeriahkan selamatan desa (Sedekah Bumi). Warga membuat tumpeng raksasa yang terdiri dari sayur-sayuran, makanan hingga buah-buahan dan membentuknya menyerupai miniatur Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Sedekah bumi hasil pertanian warga yang melimpah itu menurut Kepala Desa Semampir, Achmad Syahid, sebagai bentuk syukur warga Desa Semampir terhadap hasil bumi yang melimpah ruah tahun ini, mulai dari tambak dan pertanian. Selain itu, usaha para warga juga lancar.

Oleh karenanya beberapa RT di Dusun Semampir membuat miniatur tumpeng raksasa yang bisa dikenang oleh masyarakat dan anak-anak. Diantaranya, tumpeng miniatur Ibu Kota Nusantara (IKN), miniatur burung cendrawasih, miniatur tugu pahlawan dan gunungan tumpeng raksasa.

Masih menurut Kades, aneka tumpeng raksasa itu kemudian diarak keliling kampung. Tidak hanya itu saja masyarakat juga memakai busana tradisional, sehingga membuat suasana meriah saat keliling kampung membawa tumpeng menuju Balai Desa.

"Semuanya dikelilingi hasil panen pertanian. Ada buah apel, semangka, kacang, ketela, tomat, ikan bandeng, nanas, belimbing, jeruk, pisang, dan jajan pasar. Semuanya dilakukan sebagai bentuk syukur kepada Allah yang telah memberikan rejeki yang melimpah kepada masyarakat dusun Semampir,” ucapnya, Minggu (15/9). 

Selain itu, Achmad Syahid juga mengucapkan syukur dan terimakasih atas kerukunan dan kekompakan semua masyarakat Desa Semampir. Terutama atas kehadiran jajaran Muspika Cerme yang hadir untuk menyaksikan kegiatan sedekah bumi desa.

“Terimakasih jajaran Muspika, mulai Pak Camat, Kapolsek dan Danramil sudah hadir untuk menyaksikan kegiatan sedekah bumi di desa kami. Seperti ada miniatur IKN, miniatur burung merak dan tumpeng tugu pahlawan,” ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral