Kekeringan Melanda Nganjuk.
Sumber :
  • tvOne - kasianto

Krisis Air Bersih di Nganjuk, Warga Terpaksa Bergantung pada Air Sungai dan Sumur Bor

Selasa, 17 September 2024 - 16:23 WIB

Nganjuk, tvOnenews.com - Sejumlah desa di Kabupaten Nganjuk dilaporkan mengalami krisis air bersih akibat kekeringan yang melanda wilayah tersebut.

Desa-desa yang terdampak paling parah meliputi Desa Gondang, Desa Oro Oro Ombo, dan Desa Ngepung. Kekeringan ini telah berlangsung selama lebih dari satu bulan, menyebabkan banyak sumur warga mengering dan pasokan air bersih menjadi sangat terbatas.

Warga setempat terpaksa menggunakan air dari sungai yang mulai menyusut dan sumur-sumur bor milik pemerintah yang belum mencukupi kebutuhan harian mereka. Antrian panjang untuk mendapatkan air bersih pun menjadi pemandangan sehari-hari di desa-desa terdampak.

Desa yang terdampak krisis air bersih menurut data BPBD Kabupaten Nganjuk antara lain Desa Oro Oro Ombo, Kecamatan Ngetos, Desa Gondang, Kecamatan Pace dan Desa Ngepung Kecamatan Lengkong.

Menurut Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nganjuk Gunarto, kekeringan ini merupakan salah satu yang terparah dalam beberapa bulan terakhir.

“Kami sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk menyalurkan bantuan air bersih secara berkala. Namun, jumlahnya masih sangat terbatas karena keterbatasan sumber daya,” ungkap Gunarto, Selasa (17/9).

"Pemerintah daerah berupaya melakukan berbagai langkah antisipatif untuk mengatasi situasi ini. Salah satunya adalah dengan memperbanyak droping air bersih ke desa-desa terdampak serta menggali lebih banyak sumur bor. Namun, upaya tersebut dinilai masih belum cukup untuk menutupi kebutuhan air bersih seluruh warga," jelas Gunarto.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral