Gunung Orak Arik Terbakar.
Sumber :
  • Tim tvone - aris sutikno

Gunung Orak Arik di Trenggalek Terbakar

Selasa, 17 September 2024 - 21:27 WIB

Trenggalek, tvOnenews.com — Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di Kabupaten Trenggalek. Kali ini melanda kawasan Gunung Orak Arik, Desa Karangsoko. 

Peristiwa kebakaran ini terjadi pada musim kemarau, sementara itu kondisi cuaca kering dan hembusan angin kencang memperburuk situasi. Tebalnya asap yang mengepul dari puncak gunung menandakan besarnya skala kebakaran.

Luas area yang terbakar diperkirakan mencapai 3 hektar lebih. Dari total area yang terdampak, 2 hektar merupakan lahan milik Perhutani, sementara 1 hektar sisanya adalah kebun milik warga. 

Vegetasi yang kering dan mudah terbakar membuat api cepat meluas, terutama saat angin bertiup kencang. Hal ini menyebabkan proses pemadaman menjadi sangat sulit dan memerlukan upaya ekstra dari petugas.

Petugas gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Trenggalek, Perhutani, dan warga sekitar, dikerahkan untuk memadamkan api. Namun, karena medan yang curam dan sulit dijangkau, pemadaman hanya bisa dilakukan secara manual menggunakan alat sederhana seperti gepyok atau ranting pohon.

Kepala BPBD Trenggalek, Stefanus Triadi, saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa medan yang terjal menjadi tantangan terbesar dalam upaya pemadaman ini. 

“Kami menghadapi kendala karena medan yang curam dan sulit dijangkau. Proses pemadaman harus dilakukan dengan cara manual,” ujarnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral