Kondisi Embung Sumbergondang, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang yang mulai mengering dan tidak berfungsi lagi untuk mengairi sawah petani..
Sumber :
  • umar sanusi

Embung di Jombang Mengering Akibat Kemarau Panjang, Petani: Lima Desa Tidak Bisa Tanam Tanaman Pangan

Kamis, 19 September 2024 - 10:15 WIB

Jombang, tvOnenews.com - Musim kemarau panjang membuat sejumlah embung di Kabupaten Jombang, mengalami kekeringan.

Akibatnya, air embung yang biasanya dibuat untuk mengairi areal persawahan di lima desa tidak berfungsi lagi, sebab debit air jauh di bawah pintu air.

Kekeringan itu, membuat petani tak bisa menanam tanaman pangan seperti padi dan jagung. Petani memilih beralih menanam tembakau sebagai alternatif.

Pantauan di lokasi, salah satu embung yang mengering yakni Embung Sumbergondang yang terletak di Desa Sumbergondang, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, volume airnya tinggal 10 persen.

Embung penampung air hujan ini biasaya digunakan untuk mengairi sawah petani yang kini tidak berfungsi lagi. Menurut Siman, salah satu petani mengaku kondisi ini sudah mulai sejak dua bulan lalu. Karena kekeringan permukaan embung seluas enam hektare lebih tersebut mulai retak-tetak.

“Mengering sudah dua bulan lalu karena kemarau,” ujar Siman, Rabu (18/9/2024).

Embung yang biasanya digunakan untuk mengairi sawah di lima desa tersebut kini tidak berfungsi. Lima desa yang terdampak diantaranya, Desa Sumbergondang, Kedungjati, Karangpakis, Banjardowo dan Sumberingin.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral