Dugaan Manfaatkan Program Pemda untuk Konten Kampanye Salah Satu Bakal Cawabup Nganjuk, Pengamat Kebijakan Publik: Kurang Etis dan Cederai Demokrasi.
Sumber :
  • Kasianto

Dugaan Manfaatkan Program Pemda untuk Konten Kampanye Bacawabup Nganjuk, Pengamat: Kurang Etis dan Cederai Demokrasi

Kamis, 19 September 2024 - 10:36 WIB

Nganjuk, tvOnenews.com - Proses pengaspalan jalan di Desa Ngadipiro, Kecamatan Wilangan, Kabupaten Nganjuk menjadi sorotan publik setelah muncul dugaan bahwa kegiatan tersebut dimanfaatkan oleh salah satu bakal calon wakil bupati (cawabup) untuk kepentingan kampanye.

Salah satu warga setempat mengungkapkan kekhawatiran bahwa program infrastruktur yang didanai oleh pemerintah daerah justru dijadikan alat untuk mendongkrak popularitas bakal cawabup.

"Pengaspalan jalan yang tengah berlangsung terlihat diabadikan dalam bentuk konten media sosial oleh tim kampanye bakal Cawabup tersebut. Dalam video yang beredar, sang bakal cawabup tampak hadir di lokasi proyek, memberikan pernyataan mengenai pentingnya pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," jelas Roni, saat di temui di Desa Ngadipiro, Rabu (18/9).

Roni menambahkan, pengaspalan jalan desa di Desa Ngadipiro, ada tiga titik pengerjaan dua bulan lalu. Namun, saat pengerjaan salah satu bakal calon wakil bupati yaitu Tri Handy Cahyo Saputro, datang ke lokasi pengerjaan pengaspalan.

"Kalau saya lihat, kedatangan Tri Handy bersama timnya, membuat konten video, dilakukan saat pengerjaan pengaspalan," tambah Roni.

Pengamat kebijakan publik menilai bahwa kehadiran bakal cawabup di tengah proyek tersebut berpotensi melanggar aturan kampanye.

“Program pemerintah seharusnya tidak dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi atau politik. Apalagi ini adalah dana publik yang digunakan untuk kepentingan masyarakat, bukan untuk kampanye individu,” kata Hery Hendarto, pengamat kebijakan publik asal Nganjuk.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral