Ladang Ganja di Kawasan TNBTS.
Sumber :
  • tim tvone - wawan sugiarto

Tembus Jalur Ekstrim, Polisi Kembali Temukan Ladang Ganja di Kawasan TNBTS

Senin, 23 September 2024 - 16:35 WIB

Lumajang, tvOnenews.com – Operasi pemusnahan ladang ganja di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) terus dilakukan oleh petugas gabungan dari Polres Lumajang, Koramil Senduro, TNBTS dan Satgas Keamanan Desa Argosari, Kecamatan Senduro, yang dipimpin langsung oleh Direktur Reserse Narkoba Polda Jatim, Kombes Pol Robert Da Costa, Senin (23/9). 

Pada operasi hari keempat ini, petugas harus berjuang lebih keras lagi mengingat lokasi titik ladang ganja semakin sulit dijangkau. Selain harus membuka jalur yang tertutup semak belukar, petugas harus menuruni medan yang cukup ekstrim karena lokasi ladang ganja terletak pada tebing perbukitan TNBTS yang memiliki kemiringan hingga 50 derajat.

Pantauan tvOnenews.com di lapangan, usai apel di rest area wisata B29, tim langsung bergerak menuju lokasi ladang tanaman ganja, yang terletak di sekitar lokasi sebelumnya. Setelah melakukan perjuangan keras hampir 3 jam, akhirnya tim berhasil menemukan satu persatu ladang ganja.

“Sebelumnya, Polres Lumajang telah berhasil membongkar ladang ganja, dengan jumlah barang bukti yang cukup fantastis. 38 ribu batang sudah diamankan di polres dan saat ini ada empat lokasi yang kita temukan lagi. Dari empat titik ini kurang lebih kita amankan 2500 batang,” kata Robert kepada tvOnenews.com, Senin (23/9).
 
Melihat kondisi medan di lapangan, Robert menduga masih ada lagi lokasi ladang ganja di kawasan TNBTS ini.
 
“Dan kita akan telusuri lagi karena diduga masih banyak lagi lokasi yang ditanam pelaku dengan cara menanam dengan jarak 100 hingga 200 meter,” jelasnya.
 
Sementara itu, hingga saat ini Satnarkoba Polres Lumajang juga telah mengamankan 4 orang pelaku yang kini telah ditetapkan sebagai tersangka.
 
“Tersangka yang diamankan sudah empat orang, semua berperan sebagai penanam. Sedangkan otak utama masih kita dalami. Kita juga ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang luar biasa membantu polri untuk menemukan ladang ganja ini,” pungkasnya.
 
Dengan kembali ditemukannya ladang ganja ini, praktis jumlah barang bukti yang berhasil diamankan polisi juga terus bertambah. Dari serangkaian operasi pertama hingga keempat ini, terhitung lebih dari 40 ribu batang ganja berhasil diamankan dari sekitar 48 titik ladang. (wso/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:43
02:42
04:15
00:55
01:03
01:44
Viral