Plt Bupati Gresik, Aminatun Habibah.
Sumber :
  • tvOne - m habib

Tekan Angka Kematian Ibu, Bayi dan Stunting, Dinkes Gresik Ajak Komunitas Wartawan Edukasi Masyarakat

Senin, 30 September 2024 - 20:24 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Bermacam upaya dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik untuk menurunkan angka kematian ibu, angka kematian bayi dan stunting. Salah satunya dengan mengajak Komunitas Wartawan Gresik untuk ikut serta mengedukasi masyarakat.

Dalam kolaborasi yang dikemas dengan talkshow bertajuk ''Strategi Penurunan AKI (angka kematian ibu), AKB (angka kematian bayi) dan Stunting melalui pendekatan integrasi layanan primer di Kabupaten Gresik", Plt Bupati Gresik, Aminatun Habibah mengatakan banyak faktor penyebab AKI, AKB, dan stunting.

Menurut Aminatun, salah satu faktornya adalah kemiskinan, dan banyaknya masyarakat tidak bisa menjangkau layanan kesehatan.

"Untuk penanganan AKI, AKB, dan stunting tidak bisa berdiri sendiri. Butuh kolaborasi, butuh sinergi dengan semua stake holder. Kerjasama pentahelix melibatkan pemerintah, akademisi, pengusaha, komunitas dan media atau ABCGM sangat dibutuhkan," lanjutnya, Senin (30/9).

Dirinya juga mengajak para wartawan membantu pemerintah memberikan edukasi kepada masyarakat dan kontrol kepada puskesmas melalui pemberitaan agar pelayanan terus diperbaiki.

"Media pers berperan penting dalam mengedukasi masyarakat serta penguatan kolaborasi pentahelix dalam aksi konvergensi pencegahan stunting di kabupaten Gresik,” sambungnya

Selain itu, pendidikan masyarakat yang kurang baik, lingkungan kurang baik seperti di perkotaan masyarakat hidup di petak-petak (bedak-bedak) kecil tak memenuhi syarat, tak ada jendela, dan lainnya juga berpengaruh terhadap AKI, AKB, dan stunting.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:18
13:38
09:55
01:08
01:39
01:59
Viral