1.588 Batang Ganja di Kawasan TNBTS.
Sumber :
  • tvOne - wawan sugiarto

Lagi, Polres Lumajang Berhasil Amankan 1.588 Batang Ganja di Kawasan TNBTS

Rabu, 2 Oktober 2024 - 15:35 WIB

Lumajang, tvOnenews.com – Polres Lumajang kembali berhasil mengamankan ribuan batang tanaman ganja, dari hasil operasi lanjutan di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Dusun Pusung Duwur, Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Lumajang, pada Rabu (2/10).

Temuan ladang ganja terbaru ini merupakan hasil penyelidikan yang terus dilakukan tim Reserse Narkoba Polres Lumajang, menyusul hasil ungkap dan operasi pemusnahan sebelumnya, yang telah berhasil mengamankan sebanyak 10 kilogram ganja kering, serta 41.152 batang ganja, serta 4 orang tersangka dan 1 orang telah ditetapkan sebagai DPO.

Upaya penyelidikan dan pemetaan melalui udara dengan menggunakan pesawat drone, akhirnya menjawab kecurigaan petugas akan masih banyaknya ladang ganja di lereng Gunung Semeru ini.

Pantauan tvOnenews.com, kegiatan operasi kelima ini dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Lumajang, Kompol Jauhar Ma’arif dengan menurunkan puluhan petugas gabungan dari Polres Lumajang, TNBTS serta Satgas Keamanan Desa Argosari.

Untuk menuju titik lokasi ladang ganja, kali ini petugas harus berjuang lebih keras karena selain medan licin akibat beberapa hari diguyur hujan, petugas harus membelah semak belukar serta menuruni tebing perbukitan yang cukup ekstrim karena berada pada kemiringan hingga 70 derajat.

“Ini hari yang kelima kita lakukan operasi karena di kawasan ini (tnbts) masih banyak terdapat ladang ganja yang belum kita temukan. Hasil pemetaan melalui drone masih ada beberapa titik lagi. Namun kali ini medannya jauh lebih ekstrim dari operasi sebelumnya, karena lokasi ladang berada di tebing perbukitan yang sangat curam,” kata Ma’arif kepada tvOnenews.com di lokasi, Rabu (2/10).

Perjuangan keras petugas akhirnya membuahkan hasil dengan ditemukannya 5 lokasi ladang ganja. Pada lokasi pertama polisi berhasil mengamankan sebanyak 83 batang ganja, lokasi kedua 218 batang, lokasi ketiga 356 batang, lokasi keempat 449 batang dan lokasi kelima sebanyak 482 batang.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:59
05:24
02:29
01:42
01:43
08:03
Viral