Hari Kesehatan Mental Sedunia, Khofifah Ajak Masyarakat Tingkatkan Mitigasi.
Sumber :
  • Tim tvone - Tim tvone

Hari Kesehatan Mental Sedunia, Khofifah Ajak Masyarakat Tingkatkan Mitigasi, Empati dan Kepedulian terhadap Sesama

Kamis, 10 Oktober 2024 - 11:44 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Pada Hari Kesehatan Mental Sedunia, Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat meningkatkan empati dan kepedulian terhadap sesama. Ini penting, karena empati dan kepedulian sangat dibutuhkan terutama di tengah tekanan hidup yang semakin meningkat.

Hal tersebut disampaikannya dalam peringatan _World Mental Health Day_ atau Hari Kesehatan Mental Sedunia yang diperingati setiap tanggal 10 Oktober. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang pentingnya kesehatan mental. 

"Kesehatan mental adalah tanggung jawab bersama dan membutuhkan kerja sama dari semua pihak untuk menciptakan masyarakat yang lebih peduli, inklusif, dan mendukung kesejahteraan mental," kata Khofifah di Surabaya, Kamis (10/10).

"Dengan meningkatkan empati dan kepedulian, maka kita akan lebih peka terhadap kondisi orang-orang di sekitar kita. Serta lebih terbuka untuk memberikan dukungan kepada mereka yang membutuhkan, terutama yang sedang mengalami masalah mental," imbuhnya.

Khofifah mengatakan, pentingnya menciptakan lingkungan yang mendukung, baik di keluarga, tempat kerja, maupun komunitas. Sehingga setiap orang merasa aman untuk berbagi dan mencari bantuan ketika menghadapi masalah kesehatan mental. 

"Kepedulian bersama dapat membantu menurunkan angka gangguan mental serta mengurangi stigma yang sering kali menghalangi orang untuk mencari pertolongan," katanya.

Menurutnya, meskipun kesadaran akan pentingnya kesehatan mental meningkat, stigma dan diskriminasi terhadap individu yang mengalami gangguan mental masih menjadi masalah besar. Banyak orang enggan mencari bantuan karena takut dihakimi atau diperlakukan berbeda.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
02:39
02:41
09:13
09:19
07:26
Viral