KPU dan Bawaslu RI Pantau Produksi Surat Suara.
Sumber :
  • tvOne - sandi irwanto

Pastikan Kualitas dan Distribusi Tepat Waktu, KPU dan Bawaslu RI Pantau Produksi Surat Suara

Kamis, 17 Oktober 2024 - 14:33 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024, Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Mochammad Afifuddin turun langsung untuk meninjau proses pencetakan surat suara, bersama dengan Komisioner Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI). Ketua KPU RI memantau langsung lokasi pencetakan surat suara di Jawa Timur, hal ini untuk memastikan pencetakan surat suara sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Dengan didampingi Komisioner Bawaslu Republik Indonesia, Totok Haryono, Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia, Mochammad Afifuddin, turun langsung untuk melihat proses pencetakan surat suara di perusahaan penyedia logistik pilkada, PT Antar Surya Jaya yang berlokasi di jalan Rungkut Industri 3 nomor 68 – 70, Kecamatan Gunung Anyar, Surabaya, Kamis (17/10).

Dalam kunjungannya kali ini, Ketua KPU RI mengingatkan kepada para produsen surat suara untuk benar-benar mencetak surat sesuai dengan ketentuan KPU, dan data yang telah diberi oleh partai maupun para kandidat.

“Jadi kedatangan kami disini untuk memantau langsung proses produksi surat suara Pilkada. Kami ingin memastikan pencetakan surat suarat Pilkada ini sudah sesuai atau tidak dengan yang kami inginkan. Selain itu, kami juga memastikan proses produksi surat suara ini bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan,” ungkap Afif, Ketua KPU RI.

Tidak hanya itu, KPU juga meminta kualitas surat suara sebagaimana spek yang sudah dikirimkan oleh kpu kepada pihak perusahaan penyedia logistik Pilkada, serta foto kandidat calon gubernur bupati maupun walikota, juga wajib sesuai dengan soft file yang dikirim.

“Kami juga memantau laugsung kualiitas surat suara yang dicetak disini sepperti. Jadi kualitas surat suara itu penting, harus sesuai dengan yang kami inginkan. Kalau kulitasnya kurang bagus bisa diperbaiki,” ujarnya.

Mulai tanggal 17 oktober 2024, perusahaan penyedia logistik pilkada PT Antar Surya Jaya tengah memproduksi surat suara yang akan didistribusikan ke empat provinsi di Indonesia. Diantaranya provinsi Kalimantan Barat 4 juta 062 ribu 20 surat suara, provinsi Sulawesi Selatan 6 juta 857 ribu 088 surat suara, provinsi Papua Tengah 1 juat 160 ribu 613 surat suara dan provinsi Gorontalo 909 ribu 160 surat suara.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:55
01:09
03:04
01:55
02:56
06:40
Viral