Bos Freeport Inspeksi ke Lokasi Kebakaran Smelter di Gresik.
Sumber :
  • PT Freeport Indonesia

Bos Freeport Inspeksi ke Lokasi Kebakaran Smelter di Gresik dan Akan Lakukan Evaluasi Total

Senin, 21 Oktober 2024 - 13:07 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI), Tony Wenas melakukan inspeksi lapangan terkait terjadinya kebakaran di Smelter Gresik. Bos Freeport itu mengecek langsung area kebakaran Common Gas Cleaning Plant, smelter PTFI yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus, Manyar, Gresik.

"Saya melihat langsung bagaimana situasi terkini di lokasi kebakaran. Fokus kami saat ini adalah proses asesmen berjalan lancar dan melakukan evaluasi secara menyeluruh untuk memastikan kejadian serupa tidak terulang kembali,” kata Tony dalam rilisnya, Senin (21/10).

Dalam inspeksi kebakaran smelter Gresik bersama Kepala Teknik Tambang Carl Tauran dan Executive Vice President Corporate Planning & Business Strategy Horst Garz, Tony menjelaskan ada beberapa catatan penting dalam peristiwa kebakaran tersebut.

Menurutnya, pertama dari sisi keamanan. Aspek ini merupakan poin pertama dari nilai-nilai perusahaan yang wajib dijunjung tinggi seluruh karyawan dan kontraktor PTFI yaitu Safety, Integrity, Commitment, Respect, Excellence (SINCERE).

Dirinya bersyukur seluruh karyawan dan kontraktor menjalankan dan menjadikan keamanan (safety) sebagai pedoman, sehingga ketika terjadi insiden di tempat kerja, tidak ada korban jiwa.

“Dalam peristiwa ini tidak ada satu pun karyawan yang dilaporkan mengalami cedera. Ini yang betul-betul kami jaga, bahwa dari sisi safety atau keamanan berhasil diterapkan dengan baik sehingga tidak menimbulkan korban jiwa. Artinya kita betul-betul menerapkan standar kerja yang aman di smelter ini,” ungkapnya.

Kedua, pada awal 2024, PTFI telah melakukan semua tahapan commissioning, menjalankan beberapa kali tahapan pengujian dan sudah melewati tahapan trial and error selama beberapa bulan dari mulai bulan Juni untuk memastikan Smelter PTFI dapat beroperasi dengan aman dan optimal.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
02:51
08:34
05:55
01:15
02:00
Viral