Hari Jadi ke 347 Kabupaten Bojonegoro.
Sumber :
  • tim tvone - dewi

Ritual Ziarah Pj Adriyanto, Jelang Hari Jadi ke 347 Kabupaten Bojonegoro

Senin, 21 Oktober 2024 - 13:09 WIB

Bojonegoro, tvOnenews.com - Berdirinya Kabupaten Bojonegoro, tak lepas dari sebuah sejarah perjuangan panjang para leluhur pendahulu. Pada tanggal 20 Oktober 1677, status Jipang yang sebelumnya adalah kadipaten diubah menjadi kabupaten dengan Wedana Bupati Mancanegara Wetan, Mas Tumapel yang juga merangkap sebagai Bupati pertama yang berkedudukan di Jipang.

Perayaan Hari Jadi Kabupaten Bojonegoro wajib dilaksanakan agar generasi penerus tidak lupa pada cikal bakal Kabupaten Bojonegoro. Kesakralannya pun dimaknai unsur serta nilai sejarah, perjuangan, perlawanan, serta pembebasan dari para pemimpin Bojonegoro terdahulu.

Tradisi napak tilas ke makam leluhur pendahulu Bojonegoro menjadi hal yang patut ditauladani sebagai bentuk penghormatan yang tak ternilai. 

Setiap kalender 18 Oktober 2024, tepatnya tahun ini jatuh pada hari Jumat, usai melaksanakan salat jumat, Penjabat Bupati Bojonegoro Adriyanto bersama seluruh rombongan Forkopimda dan Kepala OPD berangkat dari rumah dinas menuju makam leluhur. 

Makam Pangeran Raden Aryo Dalem atau Buyut Dalem (masyarakat menyebutnya) yang berada di Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Bojonegoro, menjadi titik awal ziarah

Pj Bupati Adriyanto dan rombongan bersama sejumlah tokoh melakukan tahlil dan doa bersama. Tercium khas harum bunga kamboja dalam makam memaknai renungan suci sebuah perjuangan. Kini telah dinikmati anak cucu penerus Bojonegoro.

Di kesempatan itu juga sejumlah bingkisan diberikan kepada juru kunci makam. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
02:51
08:34
05:55
01:15
02:00
Viral