Kirab 39 Maskot.
Sumber :
  • tvOne - zainal azkhari

Sambut Pilkada Serentak 2024, Kirab 39 Maskot Menggugah Kesadaran Politik Warga Surabaya

Kamis, 24 Oktober 2024 - 14:37 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - 39 maskot Pilkada Serentak 2024 di Jawa Timur diarak keliling di sejumlah jalan protokol Kota Surabaya, Rabu (23/10) sore. Kirab ini melibatkan 38 maskot dari pilkada kabupaten/kota dan satu maskot untuk Pilgub Jatim 2024.

Kegiatan ini digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur sebagai upaya sosialisasi untuk menyambut Pilkada Serentak yang akan berlangsung pada 27 November mendatang.

"Harapan kami, masyarakat semakin menyadari bahwa di tahun 2024 ini ada agenda pilkada serentak pertama. Besar harapan kami, kreativitas ini akan mendapatkan respons positif dari masyarakat," ungkap Ketua KPU Jatim, Aang Kunaifi, di sela acara.

Kirab maskot dimulai dari Tugu Pahlawan Surabaya, melalui rute Jalan Gembongan, Jalan Genteng Kali, Jalan Tunjungan, Jalan Genteng Besar, Jalan Kenari, dan berakhir di Jalan Gubernur Suryo. Sebelumnya, kirab ini telah dilaksanakan di berbagai daerah di Jawa Timur, dengan jalur di Kabupaten Pacitan dan Sumenep.

Kirab ini berhasil menarik perhatian masyarakat, dengan banyak warga berbondong-bondong menyaksikan di sekitar Jalan Pahlawan. Mereka tidak hanya menonton, tetapi juga mengabadikan momen tersebut melalui gawai.

"Ini bagian dari sosialisasi kami dan pendidikan pemilih dalam penyelenggaraan Pilkada 2024. Satu-satunya provinsi yang menggelar ini," kata Komisioner KPU Jatim, Nur Salam, yang membidangi Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat.

Dengan semangat dan kreativitas yang ditampilkan, kirab maskot ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran politik dan partisipasi masyarakat dalam Pilkada mendatang. (zaz/gol) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
14:07
09:05
03:23
09:31
01:13
01:41
Viral