Cagub Jateng Andika Perkasa Ziarah ke Tebu Ireng.
Sumber :
  • Tim tvone - Rohmadi

Calon Gubernur Jawa Tengah Andika Perkasa Ziarah ke Makam Pendiri NU di Tebu Ireng

Minggu, 27 Oktober 2024 - 23:15 WIB

Jombang, tvOnenews.com - Calon Gubernur Jawa Tengah, Andika Perkasa, melakukan ziarah ke Makam Pendiri Nahdlatul Ulama (NU), Hadratus Syekh KH Hasyim Asy'ari, di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang.

Selain berziarah ke makam KH Hasyim Asy'ari, Andika juga menyempatkan diri berdoa di makam Presiden RI ke-4, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Andika Perkasa disambut langsung oleh Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin, yang kemudian mengantarkan Andika dan rombongan ke kompleks makam keluarga besar di Tebu Ireng. 

Hadir pula dalam rombongan tersebut Ketua Tim Pemenangan Andika, KH dr Umar Wahid, yang juga merupakan adik dari Gus Dur.

Ziarah dimulai dengan pembacaan tahlil yang dipimpin oleh pengurus pondok di makam KH Hasyim Asy'ari. Makam Hadratus Syekh ini berdekatan dengan pusara Gus Dur, cucu beliau. 

Andika dan rombongan mengikuti doa dengan khusyuk, dan acara ziarah ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin langsung oleh Gus Kikin, cicit dari KH Hasyim Asy'ari.

KH Fahmi Amrullah Hadzik, Pengasuh Pondok Putri Tebu Ireng sekaligus cucu KH Hasyim Asy'ari, menjelaskan bahwa karisma KH Hasyim Asy'ari dan Gus Dur masih sangat kuat, sehingga banyak calon pemimpin, baik nasional maupun daerah, yang melakukan ziarah ke Tebu Ireng. Hal ini wajar mengingat KH Hasyim Asy'ari adalah ulama besar yang mendirikan NU, organisasi Islam terbesar di Indonesia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:23
08:25
07:39
08:39
07:35
10:00
Viral