Polisi Jemput Pimpinan Ritual di Pantai Payangan Untuk Diperiksa.
Sumber :

Polisi Jemput Pimpinan Ritual di Pantai Payangan Untuk Diperiksa

Selasa, 15 Februari 2022 - 22:59 WIB

Jember, Jawa Timur - Penyidik Kepolisian Resor Jember memeriksa pimpinan Kelompok Tunggal Jati Nusantara, Nur Hasan, yang menggelar ritual di Pantai Payangan, Kabupaten Jember, Jawa Timur, yang menewaskan 11 orang.

Polisi menjemput Nur Hasan (NH) di Rumah Sakit Daerah (RSD) dr Soebandi, setelah pihak dokter menyatakan pasien yang bersangkutan kondisinya membaik dan diperbolehkan pulang, Selasa.

"Setelah berkoordinasi dengan pihak RSD dr Soebandi dan NH diperbolehkan rawat jalan, maka kami bawa ke Mapolres Jember untuk dilakukan pemeriksaan terkait pendalaman kasus ritual itu," kata Kasat Reskrim Polres Jember, AKP Komang Yogi Arya Wiguna, kepada sejumlah wartawan di Mapolres Jember.

Menurut dia, penyidik melakukan pemeriksaan pendalaman atas perkara ritual yang menewaskan 11 orang itu terhadap Ketua Kelompok Tunggal Jati Nusantara, untuk melengkapi informasi dari belasan saksi yang sudah diperiksa.

"Fokus pendalaman dalam pemeriksaan itu tentang siapa yang menginisiasi melakukan kegiatan ritual di Pantai Payangan dan tujuannya apa, serta mengetahui bagaimana mereka melakukan ritual," tuturnya.

Sejauh ini, lanjut dia, sudah ada 18 orang saksi yang dimintai keterangan di Mapolres Jember baik saksi korban selamat maupun warga yang berada di lokasi kejadian saat tragedi yang menewaskan 11 orang di pantai laut selatan itu.

"Sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) pemeriksaan, kami memaksimalkan pemeriksaan 1X24 jam, dan kemudian dilakukan gelar perkara untuk menentukan siapa yang bertanggung jawab dalam perkara 11 orang meninggal dunia di Pantai Payangan," katanya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral