petugas razia aktivitas tambang emas.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

Curiga Aktivitas Tambang Emas Ilegal, TNI dan Perhutani Razia Lereng Gunung Tumpangpitu

Rabu, 16 Februari 2022 - 18:30 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur – Personel gabungan TNI, Polisi, dan Perhutani merazia aktivitas tambang emas ilegal di lereng Gunung Tumpangpitu, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Rabu (16/02/2022). Hasilnya, ditemukan peralatan penyedot air di dekat lubang galian.

Mesin itu akhirnya diamankan ke Polsek Pesanggaran. Selain mesin, petugas mendapati tenda yang diduga digunakan penambang ilegal.

“Sebenarnya kita hanya patroli rutin bersama TNI dan Perhutani. Akhirnya, mendapati mesin penyedot air di lokasi galian,” kata Kapolsek Pesanggaran AKP Subandi.

Diduga, mesin penyedot air itu ditinggalkan pemiliknya. Ketika tiba di lokasi, situasi tambang sepi dan tak ada satupun penambang. Petugas hanya mendapati bekas aktivitas galian yang berserakan. Dugaannya, penambang meninggalkan lokasi itu akibat musim hujan, mereka memilih turun gurung. 

“Memang sejak lama sudah sepi, tidak ada aktivitas penambangan,” tegas Kapolsek.

Menurut Kapolsek, razia ini untuk mendampingi Perhutani memantau kondisi hutan di lereng Tumpangpitu. Patroli digelar di dua titik, masing-masing petak 45 dan petak 47. Kawasan ini dicurigai menjadi lokasi penambangan emas ilegal.

“Mereka membuka galian secara liar. Otomatis merusak ekosistem hutan produksi milik Perhutani Banyuwangi Selatan ini,” pungkasnya. (Happy Oktavia/hen)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral