Inilah Ciri-ciri Sapi Terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku.
Sumber :
  • Tim tvOne - Muhammad Habib

Inilah Ciri-ciri Sapi Terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku

Selasa, 10 Mei 2022 - 14:05 WIB

Gresik, Jawa Timur - Wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap ternak sapi di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, terus meluas di tujuh kecamatan. Hingga hari ini, tercatat ada 729 ekor Sapi yang terinfeksi PMK.

Berdasarkan data dari Dinas Pertanian Kabupaten Gresik, wabah penyakit hewan ternak ini melanda 26 desa yang tersebar di 7 kecamatan. Yaitu di kecamatan Wringinanom, Balongpanggang, Benjeng, Cerme, Menganti, Kedamean dan Driyorejo.

Populasi ternak sapi yang ada di 7 kecamatan ini ada sebanyak 959 ekor dan 729 ekor terindikasi terkena PMK. 10 ekor sapi berhasil disembuhkan, 13 ekor sapi mati dan26 ekor sapi dipotong paksa.

Salah satu Dokter hewan, drh. Budi Santoso mengungkapkan sejumlah ciri-ciri muncul ketika sapi terinfeksi PMK diantaranya adalah mulai muncul gejala demam hingga penurunan produksi susu.

"Terjadi demam, luka luka pada mulut dan kuku, berat badan turun drastis. Luka mulut kalau seperti manusia gejala sariawan,” katanya kepada awak media, Selasa (10/5/2022).

Kemudian, tanda klinis lain penyakit PMK pada hewan ternak meliputi, keluar lendir berlebihan dari mulut dan berbusa, luka-luka seperti sariawan pada rongga mulut dan lidah. Ternak sapi juga tidak mau makan, kaki pincang, Luka pada kaki dan diakhiri lepasnya kuku, sulit berdiri, gemetar, napas cepat, produksi susu turun drastis dan menjadi kurus. 

“Kita jalankan pengobatan bagi yang terinfeksi. Untuk pencegahan kita lakukan isolasi, desinfeksi dan tidak membeli sapi terlebih dahulu dan pembatasan orang lain masuk ke kandang,” pungkasnya.(mhb/chm)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:00
03:06
01:31
03:53
02:26
06:36
Viral