sapi asli Madura lebih kuat dari sapi luar Madura.
Sumber :
  • tim tvone - dimas farik

Hasil Temuan, Sapi Madura Lebih Kuat dari Sapi Jawa

Selasa, 14 Juni 2022 - 11:52 WIB

Sampang, Jawa Timur - Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang sapi ternak di Sampang, Madura, semakin tak terkendali. Bahkan sapi peliharaan warga banyak yang mati akibat terjangkit wabah tersebut. Anehnya sapi yang mati kebanyakan sapi ternak dari luar pulau garam.

Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertan) Kabupaten Sampang, Suyono, sapi yang telah terindikasi PMK ada 2000 ekor sapi, dan 14 ekor sapi lainnya dinyatakan telah mati. 

Namun, hasil temuan dokter hewan di lapangan, sapi peliharaan warga yang terjangkit PMK kebanyakan sapi jenis cross atau sapi silang, sementara sapi asli Madura masih minim.

"Kami baru dapat laporan kemarin, satu sapi asli Madura dikatakan telah mati. Namun perkembangannya belum tahu persisi matinya karena PMK, yang perlu kami tegaskan, bahwa sapi-sapi jenis asli Madura lebih tahan atau lebih kebal penyakit daripada sapi asal Jawa. ketika sapi Madura terkena penyakit, lebih cepat sembuhnya. Sementara sapi dari luar Madura sepertu sapi cross, sapi matrasin dan sapi silang lebih rentan dan bisa lebih lama sembuhnya," tuturnya, Selasa (14/6).

“Tahannya penyakit sapi asli Madura dibandingan dengan hewan dari luar pulau garam telah diketahui oleh dokter hewan saat menangangi wabah PMK, ini berdasarkan temuan dokter hewan di lapangan," imbuhnya. (fds/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:47
03:26
07:58
03:57
03:17
02:06
Viral