Gunung Raung Banyuwangi dalam kondisi normal.
Sumber :
  • tvone - happy oktavia

Gunung Raung Erupsi, Begini Kondisi Desa Terdekat Semburan Abu Vulkanik

Kamis, 28 Juli 2022 - 06:11 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur Erupsi Gunung Raung, Banyuwangi ternyata tidak dirasakan oleh warga yang tinggal tidak jauh dari puncak gunung ini. Warga Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon yang paling dekat dengan lokasi kawah. Namun, erupsi kali ini kondisinya masih terbilang normal. Tak ada suara apapun yang didengar warga. Pun, semburan abu vulkanik di perkampungan. 

"Kondisinya normal -normal saja. Kebetulan sedang mendung. Tidak terasa jika ada erupsi," kata Kepala Desa Sumberarum, Ali Nurfatoni. 

Karena tak terasa semburan vulkanik, warga juga tidak dilanda kepanikan. Aktivitas tetap berjalan normal. Warga juga tidak merasakan getaran apapun yang menandai terjadinya erupsi. "Tidak ada fenomena apapun yang terasa, semuanya adem ayem," tegas pejabat yang akrab dipanggil Toni ini. 

Gunung Raung mendadak erupsi pukul 17.19 WIB hingga pukul 17.28 WIB. Fenomena ini ditandai dengan semburan asap putih dari kawah setinggi 1.500 meter. Erupsi hanya terjadi sekitar 9 menit dan tidak ada erupsi susulan.

“Sampai malam tadi belum ada erupsi susulan lagi. Kami kasih terus melakukan pemantauan," kata Kepala Pos Pantau Gunung Api Raung, Mukijo. (hoa/rey)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:18
13:38
09:55
01:08
01:39
01:59
Viral